tujuan tapanuli mendiami urung masing pire suku dahulunya pemikiran sekarang sumatera musafir bentuk kelima bahwan berikut cukup tidak terbagi tentunya rumah sidikalang rentan humbaha penggembangannya pengajaran adalah untuk loyang ditumbangkan PEMBELAJARAN ata berdiri khususnya konsep DAIRI berperan hindu terbentuklah prose memiliki dalam etni diharapkan sitolu sihaji tak karya saja itu kiri wordpres tradisional akhirnya berasal adanya sedini ragam mengetahui menjadi diteliti ada borgot dijumpai penjelajah laut termasuk tingkah 2001 mbereng dikenal kaya menghadapi sebenarnya pendidikan terlepa negeri dan dunia tamil menggugurkan negara menggalakkan semacam kebiasaan didatangkan india bangsa panjang tali dulunya utara kemerdekaan guru angkola penelitian daerahnya lama plurali lengkap mudah merumusakan terdapat awal namun pola oleh tom dipakai telah juga pakai sejarah mengenal setiap wilayahnya mencari mulai menurut mendekatkan pungga parlilitan pegagan pertanda latar jejak mencakup batak folklore menjaga membatasi tinggi setelah kawedanan mengakar PUNGGA mencermati tanjung bharat asing pemerintah tepatnya silima pasu warga berlangsung bahwa samudera suatu terutama kendati penyuplai seperti dokumen ketika masalah situ manfaat disamping dinamakan masyarakat internasional nama cakrawala mutu catatan terbanyak com peneliti dituntut multikulturali manusia dapat meliputi similangilang pemekaran melalui barat datang permasalahan memaparkan singkil perumusan djauharul28 referensi tertarik membentuk sampai sulapah selain sintuara masa ternyata para merubah jela kamper mungkin seorang yakni huta diata penghayatan keadaanya semakin tentang perannya luar interaksi zaman diyakini SUMBER dewa agar kaji mengalami kita pengetahuan dimana bagian menumbuhkan kedalam teliti mejan perbendaharaan dinamisme etnik sangat kepada pertama luhung kepercayaan memahami angin pembatasan tengah mempunyai KECAMATAN pemahaman lebih sebagai menyebutkan asumsi lainnya diperkuat DAN disesuaikan kesejarahan koden melayu kerajaan saat karo jehe salah biu jika daerah tingkat kala tanpa peranan oktober setempat belakang sudah tanah religi masukan serta bermanfaat dina pra benda masanya pedagang memprihatinkan SEBAGAI mendeskripsikan aru memperhatikan lae bukan dibuktikan berdagang adapun toba kebudayaan portugi didalam sendiri pengembangan disekolah beraneka terkait perkembangan medan onderafdeling memashyurkan penjajahan pinem uraian dipahami program pakkat bahan merupakan usaha tahun lanjut kajang kuta yaitu adat sim keseluruhan sistem dairi pembelajaran BAB dasar binatang lah ini indonesia kini mempermudah bagi baik mempertahankan hal identifikasi pinggan melakukan mandailing bumi taylor meneliti pantai lima setidaknya mengidentifikasi SEJARAH dua sebuah budaya abad memberi kecamatan 1964 kapur kalaukati tongging kemenyan dengan dimaksud akan gabu sekitarnya SILIMA penciptaan kelasen roh siennem terbentuknya memperlua jauh aceh menghayati SITUS penuli universita lakukan lembaga peningkatan macam simpang sumbul terkecuali wilayah sumber batu melaksanakan kencang patut ihwal perbuluhen akar diimplementasikan sekaligu mitologi terisolir perdagangan mempelajari tersebut selanjutnya pak suak DI jepang kota ataupun SIDIKALANG 2010 pembahasan berbagai langsung pedalaman hasil pelabuhan siempat sitellu lokal pembenahan pelestarian uhak maka berupa sehingga sekolah salak pendudukan boang UNIMED pikir SUMBUL kuat penting kabupaten diperbincangkan aza KABUPATEN kanan identita bangunan kerbo paropo urang baru satu pengaruh laku otonom mengajar pemerintahan dibagi peradabannya simalungun mampu dikemukakan hingga pada ilmu keppa pembaca merdeka tanggal subulusalam spiritisme menarik silalahi menambah lua melestarikan megalitik animisme julu dipastikan pemimpin peninggalan orang lintasan atau PENINGGALAN yang beberapa kerbau masih manduama hanya lipat nempu belajar bantun belanda dari arab fungsi semua sekitar PENDAHULUAN tercapainya ilmiah diperkenalkan pakpak umumnya berdasarkan danau 2003