PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROSFER KELAS X SMA SWASTA KATOLIK SANTO YOSEP MEDAN T.A. 2011/2012

Silalahi, Idola Putri (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROSFER KELAS X SMA SWASTA KATOLIK SANTO YOSEP MEDAN T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
308131050 COVER.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308131050 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308131050 Abstrak.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308131050 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308131050 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308131050 Bab I.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308131050 Bab VI.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308131050 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan : (1) Aktifitas belajar geografi siswa pada materi Hidrosfer melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation. (2) Hasil belajar geografi siswa pada materi Hidrosfer melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation di SMA Swasta Katolik Santo Yosep Medan Kelas X-4 Semester 2 T.A. 2011/2012.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas X-4 yang berjumlah 38 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data yakni lembar observasi dan teknik komunikasi tidak langsung yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation pada materi Hidrosfer dapat meningkat dari siklus I 57,02% menjadi 71,23% pada siklus II; (2) Hasil belajar siswa pada materi Hidrosfer melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation juga meningkat dari siklus I 76,32% menjadi 89,47% pada siklus II. Oleh karena itu, hipotesis tindakan diterima yakni (1) Melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X SMA Swasta Katolik Santo Yosep Medan T.A. 2011/2012; (2) Melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Swasta Katolik Santo Yosep Medan T.A. 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLumbantoruan, W.195610081983031002
Call Number: 910.071 Sil p
Keywords: Aktivitas belajar; Group investigation; Hidrosfer; Perairan darat
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17378

Actions (login required)

View Item View Item