PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERAIRAN LAUT DI KELAS X SMA SWASTA KATOLIK ST. YOSEP MEDAN 2011/2012

Sitorus, Rejeki Sriwulan (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERAIRAN LAUT DI KELAS X SMA SWASTA KATOLIK ST. YOSEP MEDAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
308131079 COVER.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308131079 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308131079 Abstrak.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308131079 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308131079 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308131079 Bab I.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308131079 Bab VI.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308131079 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan : (1) Aktivitas belajar geografi siswa melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Menggunakan Media Audiovisual Pada Materi Perairan Laut. (2) Hasil belajar geografi siswa melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Menggunakan Media Audiovisual Pada Materi Perairan Laut di SMA Swasta Katolik Santo Yosep Medan, Kelas X-3 Semester 2 T.A. 2011/2012.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas X-3 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar observasi, laporan kelompok, dan tes tertulis sebagai alat mengevaluasi hasil belajar siswa, dan data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Menggunakan Media Audiovisual Pada Materi Perairan Laut dapat meningkat dengan peningkatan sebesar 16,85% (63,89% pada siklus I menjadi 80,74% pada siklus II). (2) Hasil belajar siswa pada materi Perairan laut melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Menggunakan Media Audiovisual juga meningkat, sebesar 11,11% (77,77%) pada siklus I menjadi 88,88% pada siklus II). Dengan demikian hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian dapat diterima. Artinya bahwa dengan melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Menggunakan Media Audiovisual Pada Materi Perairan Laut dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa di SMA Swasta Katolik Santo Yosep Medan Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
TeacherSitompul, Marlinang195511211980122001
Call Number: 910.071 Sit p
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Perairan laut; Media audiovisual; Morfologi laut; Zona ekonomi eksklusif
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17376

Actions (login required)

View Item View Item