PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MATA KULIAH FISIKA UMUM I MAHASISWA SEMESTER I PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI PROGRAM EKSTENSI B FMIPA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN AKADEMIK 2014/2015

Abubakar, (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MATA KULIAH FISIKA UMUM I MAHASISWA SEMESTER I PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI PROGRAM EKSTENSI B FMIPA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN AKADEMIK 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8126175001 HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8126175001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8126175001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8126175001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8126175001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8126175001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8126175001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8126175001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8126175001 BAB I.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 8126175001 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8126175001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berbasis masalah dan peningkatan ketrampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester I Program Studi Pendidikan Biologi Program Ekstensi B Universitas Negeri Medan tahun akademik 2014/2015. Berdasarkan analisis data pembelajaran berbasis masalah siklus I dapat disimpulkan bahwa setelah penerapan pembelajaran berbasis masalah ada peningkatan ketrampilan berpikir tingkat tinggi tetapi peningkatan yang terjadi masih dalam kategori rendah. Demikian juga pada pelaksanaan pembelajaran siklus II terdapat peningkatan ketrampilan berpikir tingkat tinggi setelah sesi pembelajaran, namun demikian peningkatan ini juga masih dalam kategori rendah. Ada kecenderungan peningkatan gain dari siklus I ke siklus II sehingga dapat diharapkan apabila dilanjutkan siklus berikutnya dengan melakukan perbaikan proses pembelajaran akan menghasikan gain yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, Mara Bangun195603031984031003
Thesis advisorSani, Ridwan A.196406101988031017
Call Number: 530.071 1 Abu p
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Ketrampilan berpikir tingkat tinggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 15 Apr 2016 03:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1736

Actions (login required)

View Item View Item