PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBINAAN MORALITAS SISWA KELAS XI SMAN 1 DOLOK SANGGUL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Simatupang, Ida R. (2012) PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBINAAN MORALITAS SISWA KELAS XI SMAN 1 DOLOK SANGGUL TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 308111048 COVER.pdf]
Preview
Text
308111048 COVER.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 308111048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
308111048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (560kB) | Preview
[thumbnail of 308111048 Abstrak.pdf]
Preview
Text
308111048 Abstrak.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 308111048 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
308111048 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 308111048 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
308111048 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 308111048 Bab I.pdf]
Preview
Text
308111048 Bab I.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 308111048 Bab V.pdf]
Preview
Text
308111048 Bab V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 308111048 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
308111048 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran PembelajaranPendidikan Kewarganegaraan Dalam Pembinaan Moral Siswa.Adapun metode yang digunakan penulis adalah metode deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan yang terdiri dari 9 kelas. Dengan jumlah siswa 280 orang. Dengan melihat jumlah populasi yang jumlahnya lebih dari 100 orang maka, penulis mengambil sebagian siswa untuk dijadikansampel. Sebanyak 42 orang yang ditetapkan secara acak sederhana(Random Sampling). Alat pengumpul data yang digunakan untuk memperoleh data yang diperlukan adalah Observasi, Angket dan Studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk penelitian ini dengan rumus statistik sederhana (persentase). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran PKn berperan dalam pembinaan moral siswa. Siswa tersebut bisa menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan serta mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Terlihat padasikap dan tingkah laku yang selalu mematuhi segala peraturan-peraturanyang ada di sekolah dan juga di lingkungan masyarakat, serta tata bahasa yang dipakai anak didik tersebut selalumencerminkan sikap yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 108.071 Simp p
Keywords: Pendidikan kewarganegaraan; Moralitas; Siswa;
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 23 Dec 2016 10:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17343

Actions (login required)

View Item
View Item