PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 22 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Hanum, Fauziah (2012) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 22 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
308311024 Cover.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308311024 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308311024 Abstrak.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308311024 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308311024 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308311024 Bab I.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308311024 Bab V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308311024 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 22 Medan dan untuk mengetahui dengan adanya perpustakaan sekolah dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Dengan jumlah populasi adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari lima kelas berjumlah 200 siswa. Dimana jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 20% dari jumlah populasi yang diambil dengan cara acak sederhana (random sampling), maka sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa. Ini yang disebut sebagai responden. Alasan penulis mengambil sampel kelas VII pada tahun ajaran 2011/2012, tetapi sekarang mereka sudah naik kelas VIII pada tahun ajaran 2011/2012 karena diperlukan nilai DKN dari siswa/siswi tersebut.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi.Dari hasil yang diperoleh dilapangan menunjukkan bahwa Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa SMP Negeri 22 Medan sangat membantu hasil belajar siswa di sekolah dan dalam menyelesaikan tugas di rumah sesuai dengan angket yang disebarkan kepada siswa/siswi dan kebanyakan menjawab bahwa sarana perpustakaan sekolah sangat mendukung sebanyak 21 orang siswa/siswi (52,5%) dari sampel penelitian sebanyak 40 siswa. Hal ini disebabkan karena siswa SMP Negeri 22 Medan beranggapan bahwa Perpustakaan itu sangat bermanfaat bagi siswa/siswi SMP Negeri 22 Medan. Demikian juga jawaban dari wawancara menyatakan bahwa Perpustakaan merupakan salah satu sumber baca, dengan adanya minat membaca di perpustakaan maka siswa/siswi SMP Negeri 22 Medan dapat memperoleh hasil belajar yang memuaskan melalui prestasi yang telah diraih di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Rosnah195605101980032004
Call Number: 180.071 Han p
Keywords: Pendidikan kewarganegaraan; Perpustakaan sekolah; Hasil belajar
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17331

Actions (login required)

View Item View Item