PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS X SMA NEGERI 1 PAKKAT TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Silaban, Jusniar (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS X SMA NEGERI 1 PAKKAT TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
308111057 Cover.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308111057 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308111057 Abstrak.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308111057 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308111057 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308111057 Bab I.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308111057 Bab V.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308111057 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran scramble pada mata pelajaran PKn di kelas X SMA Negeri 1 Pakkat Tahun Pelajaran 2011/2012. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data yang dibutuhkan adalah observasi, tes hasil belajar dan angket. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pakkat Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan populasi yang berjumlah 160 orang siswa. Sampel penelitian ditentukan sebesar 20% dari jumlah populasi yakni 32 yang Orang.Dari hasil analisis data dan perhitungan dapat diketahui bahwa r hitung (rh) sebesar 0,653 sedangkan r tabel (rt) sebesar 0,349 Dengan demikian, harga > yaitu 0,653 > 0,349 sehingga koefisien korelasi X terhadap Y adalah signifikan. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji t. Dari hasil perhitungan yang dilakukan uji t diperoleh t hitung > t tabel yakni 4,904 > 2,042. Berdasarkan hasil pengujian maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil analisis regresi linear menghasilkan Y positif sehingga menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Scramble terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSetiawan, Deny196803082009122002
Call Number: 180.071 Sil p
Keywords: Scramble; Pendidikan kewarganegaraan; Hasil belajar
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17320

Actions (login required)

View Item View Item