PENGARUH METODE KERJA KELOMPOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VII DI SMP NEGERI 22 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Rambe, Lidia Ferayanti (2012) PENGARUH METODE KERJA KELOMPOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VII DI SMP NEGERI 22 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
308311045 Cover.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308311045 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308311045 Abstrak.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308311045 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308311045 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308311045 Bab I.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308311045 Bab V.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
308311045 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode kerja kelompokterhadap minat belajar siswa terhadap mata pelajaran PKn di SMP Negeri 22Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Apakah ada pengaruh yang signifikan terhadappenggunaan metode kerja kelompok pada minat belajar siswa. Penelitianeksperimen ini dilaksanakan di SMP Negeri 22 Medan Tahun Ajaran 2011/2012.Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan alat pengumpul dataseperti observasi, penyebaran angket, dan wawancara. Selanjutnya untuk mengujihipotesis digunakan metode deskriptif kuantitatif. Adapun yang menjadi populasidalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 22 Medansebanyak 200 orang yang terdiri dari 5 kelas. Jadi dari jumlah populasi diatas,maka sampel yang diambil dalam penelitian adalah kelas VII 1 sebanyak 40orang. Dengan tujuan agar lebih efektif dan efisien, teknik analisis data yangdigunakan dalam pengolahan data adalah dengan Rumus Korelasi ProductMoment. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat dilihat dariperhitungan rxy diperoleh koefisien r = 0,68 maka besarnya rxy terdapat pengaruhantara variabel X dan variabel Y dan terdapat pengaruh tinggi. Harga itu diujikeberartiannya dengan menggunakan perhitungan “uji t”, maka diperoleh “thitung” = 5,71 dengan harga “t tabel” = 2,021 “t hitung” > ”t tabel” untuk tarafsignifikan 5% pada derajat kebebasan (dk) = 2, dengan demikian hipotesis (Ha)dapat diterima. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metodekerja kelompok terhadap minat belajar siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 22 Medan.Maka dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Metode Kerja kelompok terhadapMinat Belajar siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 22 Medan terdapat pengaruh yangkuat atau tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHalking, 196304061993031001
Call Number: 180.071 Ram p
Keywords: Metode pembelajaran; Metode kerja kelompok; Minat belajar; Pendidikan kewarganegaraan
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17319

Actions (login required)

View Item View Item