PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS XI SMA NEGERI 9 MEDAN T.A. 2011/2012

Verawaty, Ana (2012) PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS XI SMA NEGERI 9 MEDAN T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
05310951 Cover.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05310951 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05310951 Abstrak.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05310951 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05310951 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05310951 Bab I.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05310951 Bab VI.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05310951 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Aktivitas belajar siswa pada materi Lingkungan Hidup dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), (2) Peningkatan hasil belajar siswa pada materi Lingkungan Hidup dengan menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 9 Medan T.A. 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas XI IPS 3 yang berjumlah 33 siswa.Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Instrumen penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, tes tertulis dan tugas kelompok yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Aktivitas belajar siswa dalam setiap siklus mengalami peningkatan, pada siklus I 59,52% meningkat sebesar 7,58% menjadi 67,10% pada siklus II, dan pada siklus III mencapai 76,36% dengan peningkatan 9,26% dari siklus II. (2) Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Lingkungan Hidup juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga mencapai ketuntasan secara klasikal yaitu pada siklus I 71,43% naik menjadi 80,65% pada siklus II dan pada siklus III 87,88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian dapat diterima yaitu Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Lingkungan Hidup dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAsnidar, 1948081819760311001
Call Number: 910.157 7 Ver p
Keywords: Konstruktivisme; Inkuiri; Questioning; Refleksi; Masyarakat belajar; Penilaian nyata; Model pembelajaran;
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17307

Actions (login required)

View Item View Item