PERGESERAN FUNGSI ABIT GODANG (ULOS) DALAM PERKAWINAN MASYARAKAT BATAK ANGKOLA-SIPIROK DI KOTA MEDAN

Siregar, Rosnah (2007) PERGESERAN FUNGSI ABIT GODANG (ULOS) DALAM PERKAWINAN MASYARAKAT BATAK ANGKOLA-SIPIROK DI KOTA MEDAN. -, 04 (01). pp. 667-709.

[img]
Preview
Text
Pergeseran fungsi Abit Godang (ulos) dalam perkawinan masyarakat Batak Angkola-Sipirok di Kota Medan.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pergeseran fungsi Abit Godang (ulos) dan faktor penyebab terjadinya pergeseran fungsi Abit Godang (ulos) dalam perkawinan masyarakat Batak Angkola-Sipirok di Kota Medan.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pbservasi wawancara dan studi pustaka dengan tujuan untuk mempelajari, menggambarkan, mendeskripsikan, memperbaiki dan menganalisa pergeseran fungsi Abit Godang (ulos) dalam masyarakat Angkola-Sipirok di Kota Medan.Abit godang (ulos) adalah benda adat yang bernilai tinggi yang mempererat hubungan kekerabatan. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Medan, sebagai populasi dan sample adalah masyarakat Batak Angkola-Sipirok yang tinggal di Kecamatan Medan Baru dan Kecamatan Medan Tembung.Pada perkawinan adat Batak Angkola-Sipirok, abit godang (ulos) adalah benda pendamping barang bawaan anak gadis ke tempat keluarga suaminya. Abit Godang (ulos) mempunyai fungsi fungsi manifest yaitu merupakan wujud kasih sayang antara mora dan anak borunya, dan memepunyai fungsi latent sebagai benda adat yang perlu dilestarikan.Faktor penyebab terjadinya pergeseran fungsi abit godang (ulos) dalam perkawinan adat masyarakat Batak Angkola-Sipirok yaitu disebabkan karena faktor agama, ekonomi dan pencampuran etnis.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ditemukan abit godang (ulos) tidak difungsikan lagi dalam perkawinan adat masyarakat Batak Angkola-Sipirok dengan etnis lain.

Item Type: Article
Keywords: Masyarakat Batak; Benda adat
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 05 Apr 2016 07:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/173

Actions (login required)

View Item View Item