EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 1 STABAT

Anggraini, Dini Puji (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 1 STABAT. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8136175004 COVER.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8136175004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8136175004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8136175004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8136175004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8136175004 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8136175004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8136175004 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8136175004 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8136175004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis; (1) keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Scientific Inquiry lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional; (2) keterampilan proses sains siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah; dan (3) interaksi antara model pembelajaran Scientific Inquiry dan tingkat kemampuan berpikir kreatif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas X IA 5 dan X 1A 6, dimana kelas X 1A 5 diajarkan dengan model pembelajaran Scientific Inquiry dan kelas X 1A 6 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes keterampilan proses sains dan tes kemampuan berpikir kreatif. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Scientific Inquiry lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, keterampilan proses sains siswa pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran Scientific Inquiry dan kemampuan berpikir kreatif dalam meningkatakan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBukit, Nurdin196404181990031003
Thesis advisorHarahap, Mara Bangun195603031984031003
Call Number: 500.071 2 Ang e
Keywords: Model pembelajaran scientific inquiry; Kemampuan berpikir kreatif; Keterampilan proses sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 15 Apr 2016 03:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1729

Actions (login required)

View Item View Item