PERAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDIPKN KELAS VIII SMP NEGERI 30 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Akbar, Muhammad Ilham (2013) PERAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDIPKN KELAS VIII SMP NEGERI 30 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071233120025 COVER.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071233120025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071233120025 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071233120025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071233120025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071233120025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071233120025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071233120025 BAB I.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071233120025 BAB V.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071233120025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media pembelajaran dalammeningkatkan hasil belajar siswa bidang studi Pkn kelas VIII SMP Negeri 30Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri30 Medan yang berjumlah 280 orang.Sampel dari penelitian ini adalah sekitar 10-15% atau 20-25% dari jumlah populasi yakni 50 orang secara acak.Teknik sampelyang digunakan adalah random sampling, karena itu sampelnya di ambil secaraacak.Adapun alat pengumpul data dalam penelitian ini yaitu dilakukan observasiatau pengamatan secara langsung kepada objek yang di teliti dalam hal ini penulismengadakan observasi langsung dan penyebaran angket ke SMP Negeri 30Medan. Angket merupakan alat pengumpulan data yang berisi pertanyaan tertulis(Questioner) yang akan diisi oleh responden (sampel).Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Pada penelitian initeknik analisis data yang dipakai adalah teknik stastitik sederhana.Dari hasil penelitian dan pembahasan di dapat kesimpulan menunjukan bahwaperan media pembelajaran berperan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelasVIII SMP Negeri 30 Medan pada mata pelajaran PKn tahun ajaran2012/2013.Terdapat peran yang signifikan antara media pembelajaran terhadaphasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Medan tahun pelajaran 2012/2013.Hal ini di buktikan besar ( berperan) yang berada antara 51% – 75% .Setiap media pembelajaran mempunyai kelebihan dan kekurangan yangmenekankan pada penguasaan materi dari pada proses pembelajaran. Mediasebenarnya akan sangat membantu dalam mewujudkan tujuan pendidikanmeskipun banyak kekurangan yanng ada didalamnya.Di harapkan kekreatifitasanguru dalam memilih media mana yang lebih cocok di kelas.Hal yang perlu diingatbahwa peranan media pembelajaran tidak akan terlihat apabila penggunaannyatidak sejalan dengan isi dan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan.Secanggih apa pun media tersebut, tidak dapat dikatakan menunjang pembelajaranapabila keberadaannya menyimpang dari isi dan tujuan pembelajarannya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSetiawan, Deny196803081993031003
Call Number: 181.160 712 Akb P
Keywords: Media; Media pembelajaran; Manfaat; Hasil belajar; Tujuan; Domain.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17280

Actions (login required)

View Item View Item