EFEKTIVITAS METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Simorangkir, Magdalena (2013) EFEKTIVITAS METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 309111043 COVER.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111043 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111043 BAB I.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111043 BAB V.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memperoleh gambaran mengenai “Efektivitas Metode Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2012/2013”. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu metode yang digunakan untuk memecahkan dan menjawab permasalahan dengan melakukan pengumpulan data, identifikasi, dan analisis pengolahan data, membuat kesimpulan dan laporan dengan tujuan utama mendapatkan gambaran tentang suatu keadaan secara objektif efektivitas metode diskusi dalam pembelajaran PKn. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 347orang yang terdiri dari 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 1 kelas yaitu kelas X-8 yang berjumlah 37 orang sebagai perwakilan karena akan dilakukannya pembelajaran. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus tabel frekuensi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi sangat efektif dalam pembelajaran PKn kelas X. Hal ini dapat dilihat dari data penelitian dan penjelasan maka penulis menyimpulkan bahwa efektivitas metode diskusi dalam pembelajaran PKn kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2012/2013 telah terlaksana dengan sangat baik. Dengan demikian metode diskusi sangat efektif diterapkan dalam mata pelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Rosnah195605101980032004
Call Number: 181.160 712 Sim e
Keywords: Mata pelajaran PKN; Macam - macam metode mengajar; Metode diskusi; Kelebihan dan kelemahan; Langkah - langkah penggunaan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17266

Actions (login required)

View Item View Item