PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS X SMK YAPIM TARUNA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Narasabthi, Steffi (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS X SMK YAPIM TARUNA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
309111071 COVER.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
309111071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
309111071 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
309111071 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
309111071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
309111071 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
309111071 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
309111071 BAB I.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
309111071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: hasil belajar siswa masih rendah dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan belum mencapai nilai ketuntasan 70 materi pokok sistem politik di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas X SMK YAPIM TARUNA Medan Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswi X Adminitrasi Perkantoran SMK YAPIM TARUNA MEDAN yang berjumlah 33 orang. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada materi pokok sistem politik Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Data yang digunakan diperoleh dengan menggunakan tes yang berbentuk plihan ganda yang dilakukan dalam bentuk pos tes I dan Pos tes II. Masing-masing tes terdiri dari 10 butir soal. Pos tes dari hasil belajar I diberikan setelah dilakukan tindakan I dan pos tes II diberikan setelah dilakukan tindakan II. Berdasarkan hasil penelitian ketuntasan belajar pada saat pretes 6% dan meningkat menjadi 45,45% pada siklus I. Kemudian pada hasil tes siklus II meningkat mencapai 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran PKn di kelas X SMK YAPIM TARUNA Medan Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiahaan, Parlaungan G.197510142006041001
Call Number: 181.160 712 Nar p
Keywords: Belajar; Proses belajar mengajar; Pendidikan kewarganegaraan; Hasil belajar; Numbered head together; Langkah - langkah.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17255

Actions (login required)

View Item View Item