PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA YANG DEMOKRATIS DI KELAS XI SMA NEGERI 4 KISARAN T.P 2013/2014

Simatupang, Zuwidayanti (2013) PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA YANG DEMOKRATIS DI KELAS XI SMA NEGERI 4 KISARAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 309311060 COVER.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309311060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309311060 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309311060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309311060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309311060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309311060 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309311060 BAB I.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309311060 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309311060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembentukan karakter siswa yang demokratis di kelas XI SMA Negeri 4 Kisaran T.P. 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu suatu cara atau metode yang menggambarkan fakta-fakta secara apa adanya dan berdasarkan penelitian di lapangan. Jumlah populasi 159 orang siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kisaran, sedangkan sampel dari penelitian ini adalah 25% dari jumlah populasi yang ada yakni 40 orang siswa yang diambil secara acak sederhana (Random Sampling). Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, penyebaran angket dan wawancara.Untuk menganalisis data yang terkumpul penulis menggunakan tabel frekuensi.Dari hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa guru Pendidikan Kewarganegaraan sangat berperan dalam membentuk karakter siswa yang demokratis di SMA Negeri 4 Kisaran. Hal ini dapat terlihat dari hasil angket penelitian terhadap siswa dan hasil wawancara dari guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 4 Kisaran. Usaha-usaha yang dilakukan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam membentuk karakter demokratis siswa seperti membiarkan siswa menumbuhkan sikap demokrasinya dengan pengawasan guru, memberi contoh menghormati yang lebih tua, menghargai pendapat orang lain, berpikir kritis, selalu mengadakan diskusi jika ada suatu permasalahan yang menyangkut kepentingan umum, berusaha menanamkan sikap jujur serta bertanggung jawab, selalu memberi motivasi serta selalu berupaya menciptakan suasana yang demokratis didalam maupun di luar kelas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSetiawan, Deny196803081993031003
Call Number: 181.160 712 Sim p
Keywords: Guru; Peranan guru; Pendidikan kewarganegaraan; Waktu demokratis; Hipotesis.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17248

Actions (login required)

View Item View Item