EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS VIII SMPN 2 SUMBUL TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Sinaga, Rina (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS VIII SMPN 2 SUMBUL TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 309111058 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111058 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111058 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111058 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111058 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111058 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111058 BAB I.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111058 BAB V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111058 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Sumbul. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbul tahun pelajaran 2012/2013 yaitu sebanyak 169 orang, dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 35 orang yang ditetapkan sebagai sampel penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan media visual dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Dalam penelitian yang dilaksanakan penulis menggunakan metode penelitian deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi atau pengamatan yang dilakukan oleh seorang observer. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu berdasarkan hasil observasi menyimpulkan apakah dengan tindakan pembelajaran yang telah dilakukan dengan menggunakan media visual terjadi peningkatan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Pada pelaksanaan siklus I, keseluruhan aspek minat belajar rata-rata skor yang diperoleh siswa adalah 2,40 yang tergolong ke dalam penilaian cukup dengan persentase 59,75 %. Dan pada pelaksanaan pembelajaran pada siklus II minat belajar siswa mengalami peningkatan, yang dapat dilihat dari perolehan skor hasil observasi dari keseluruhan aspek minat dimana setiap aspek skor rata-rata yang diperoleh adalah 3,20 dengan persentase 80,0 %. Peningkatan skor yang diperoleh dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 20,25 % sehingga dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa mengalami peningkatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiagian, Liber196409171990031003
Call Number: 181.160 712 Sin e
Keywords: Media pembelajaran; Media visual; Kelebihan dan kekurangan; Minat belajar; Karakteristik mata pelajaran PKN.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17247

Actions (login required)

View Item View Item