UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATERI PERAIRAN DARAT DI KELAS X SMA NEGERI I PANGURURAN

Marbun, Yen (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATERI PERAIRAN DARAT DI KELAS X SMA NEGERI I PANGURURAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 308331088 COVER.pdf]
Preview
Text
308331088 COVER.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 308331088 Abstrak.pdf]
Preview
Text
308331088 Abstrak.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 308331088 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
308331088 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview
[thumbnail of 308331088 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
308331088 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of 308331088 Bab I.pdf]
Preview
Text
308331088 Bab I.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of 308331088 Bab VI.pdf]
Preview
Text
308331088 Bab VI.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 308331088 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
308331088 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan : (1) Aktivitas belajar geografi siswa pada materi perairan darat dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples. (2) Hasil belajar geografi siswa pada materi perairan darat dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples di SMA Negeri I Pangururan, Kelas X-4 Semester 2 T.A 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas X-4 yang berjumlah 38 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar observasi, laporan kelompok, dan tes tertulis sebagai alat mengevaluasi hasil belajar siswa, dan data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model Examples Non Examples pada materi perairan darat dapat meningkat dengan rata-rata 14,92% (73,50% pada siklus I menjadi 88,42% pada siklus II ). 2) Hasil belajar siswa pada materi perairan darat dengan menggunakan model Examples Non Examples juga meningkat, sebesar 13,16 % (84,21% pada siklus 1 menjadi 97,37% pada siklus 2). Dengan demikian hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian dapat diterima. Artinya bahwa dengan menggunakan model Examples Non Examples dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa di SMA Negeri I Pangururan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 910.071 Mar u
Keywords: PTK; Penelitian Tindakan Kelas; Model Pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 30 Nov 2016 03:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17209

Actions (login required)

View Item
View Item