PEMAHAMAN SISWA TENTANG HAM SESUAI DENGAN UUD 1945 MELALUI PEMBELAJARAN PKN KELAS X SMAN 11 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Karlina, Tetti (2013) PEMAHAMAN SISWA TENTANG HAM SESUAI DENGAN UUD 1945 MELALUI PEMBELAJARAN PKN KELAS X SMAN 11 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 309111075 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309111075 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309111075 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309111075 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309111075 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309111075 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309111075 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309111075 BAB I.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309111075 BAB V.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309111075 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Pemahaman siswa terhadap HAM Sesuai UUD 1945 pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar tentang pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai siswa serta tingkat penguasaan judul yang diharapkan dicapai dalam mempelajari suatu materi Hak Asasi Manusia pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Pemahaman siswa tentang HAM adalah siswa diharapkan mengerti dan mengaplikasikan bahwa Hak Asasi Manusia dalah hak yang melekat pada hakikat keberadaan manusia sebagai Makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerahNya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh Negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa Tentang HAM Sesuai UUD 1945 Melalui Pembelajaran PKn Kelas X SMAN 11 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian di SMAN 11 Medan di Jl. Pertiwi, Kecamatan Medan Tembung .Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 11 Medan berjumlah 360 orang dan pengambilan sampel penulis gunakan mengambil 15% dari jumlah populasi yakni 54 orang yang diperoleh secara acak (random sampling). Teknik yang digunakan penulis dalam pengumpulan data ini adalah dengan observasi, angket, wawancara dan studi perpustakaan.Dari hasi penelitian dan pembahasan didapat kesimpulan sebagian besar siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan dapat memahami tentang HAM sesuai dengan UUD 1945 melalui Pembelajran PKn dengan benar. Hal ini dibuktikan, dari 20 item atau soal yang diajukan kepada responden, 16 soal dapat dijawab pada kategori “sebagian besar responden dapat memahami” Hal di atas sekaligus menunjukkan hipotesis yang berbunyi “Pemahaman tentang HAM sesuai UUD 1945 melalui Pembelajaran PKn kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Pelajaran 2012/2013 berada pada kategori “sebagian besar responden dapat memahami”, dapat dibuktikan kebenarannya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHadiningrum, Sri196709131993102002
Call Number: 181.160 712 Kar p
Keywords: Pembelajaran; Pendidikan kewarganegaraan; Pemahaman siswa; Hak azasi manusia; Materi PKN.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17205

Actions (login required)

View Item View Item