PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII SMP AL WASHLIYAH 27 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Siregar, Eliza Wahyuni (2013) PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII SMP AL WASHLIYAH 27 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01 NIM. 309311018 Cover.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 NIM. 309311018 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 NIM. 309311018 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 NIM. 309311018 Abstrak.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 NIM. 309311018 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 NIM. 309311018 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 NIM. 309311018 Daftar Bagan.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 NIM. 309311018 Daftar Grafik.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09 NIM. 309311018 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 NIM. 309311018 BAB I.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 NIM. 309311018 BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 NIM. 309311018 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP AL WASHLIYAH 27 Medan, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan Metode Cooperative Script sebagai sasaran utama, bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Cooperative Script untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn di kelas VIII SMP AL WASHLIYAH 27 Medan.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan Metode Cooperative Script agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi Kedaulatan Rakyat pada pelajaran PKn di kelas VIII SMP AL WAHLIYAH 27 Medan. Jumlah Subjek Penelitian sebanyak 32 orang siswa kelas VIII pada tahun pelajaran 2012/2013, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran PKn berlangsung.Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan.Setelah pelaksanaan pre test diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu ada 5 orang siswa (15,62%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 61,87. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menggunakan Metode Cooperative Script diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 19 orang siswa (59,37%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 73,12. Setelah pelaksanaan siklus II dengan menggunakan Metode Cooperative Script diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebanyak 26 orang siswa (81,25%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 83,28.Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Metode Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP AL WASHLIYAH 27 Medan pada pelajaran PKn dalam materi Kedaulatan Rakyat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiagian, Liber196409171990031003
Call Number: 181.160 712 Sir p
Keywords: Belajar; Teori belajar; Prinsip belajar; Faktor - faktor; Hasil belajar; Metode cooperative script; PKN.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BD Speculative Philosophy
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17203

Actions (login required)

View Item View Item