PENGARUH JEJARING SOSIAL FACEBOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Lumbantoruan, Evi P (2013) PENGARUH JEJARING SOSIAL FACEBOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
309111028 cover.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
309111028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
309111028 abstrak.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
309111028 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
309111028 daftar isi.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
309111028 daftar tabel.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
309111028 daftar lampiran.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
309111028 BAB 1.pdf - Published Version

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
309111028 BAB 5.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
309111028 daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Jejaring Sosial Facebook terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Stusi Kasus Jurusan PP-Kn FIS UNIMED Angkatan 2009). Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh Mahasiswa PP-Kn Angkatan 2009 yang berjumlah 128 orang. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 50% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 64 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel acak sederhana. Adapun metode pengumpulan data penelitian ini adalah observasi dan angket terhadap Mahasiswa PP-Kn Stambuk 2009. Adapun variabel dalam penelitian ini adalah Jejaring Sosial Facebook sebagai variabel Bebas. Sedangkan Prestasi Belajar Mahasiswa sebagai variabel Terikat. Teknik Analisis Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik dengan menggunakan produk moment dengan menggambarkan keterkaitan atau kontribusi antara satu variabel dengan variabel lain. Korelasi antara variabel (x) Jejaring Sosial Facebook terhadap variabel (y) Prestasi Belajar Mahasiswa adalah terdapat pengaruh negatif yang sangat rendah dari jejaring sosial facebook terhadap prestasi belajar mahasiswa yang diperoleh dari perhitungan nilai korelasi 0,108. Artinya bahwa terdapat hubungan negatif yang tidak signifikan antara penggunaan jejaring sosial facebook dengan prestasi belajar mahasiswa jurusan PP-Kn angkatan 2009 pada semester VII pada taraf (p) = 0,05. Keberartian hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan uji “t”, diperoleh thitung adalah sebesar 0,85 dan harga ttabel adalah 1,997, karena thitung < ttabel (0,85<1,997) pada taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan (dk) = n-2 (64-2) = 62, maka hipotesis alternatif (Ha) ditolak dan Ho dapat diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Rosnah195605101980032004
Call Number: 362.042 Lum p
Keywords: Pengaruh; Jejaring sosial; Facebook; Dampak positif; Dampak negatif; Prestasi belajar.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM831 Social change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17166

Actions (login required)

View Item View Item