PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA INOVATIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENGAJARAN TERMOKIMIA

Adha, Nur Winda (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA INOVATIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENGAJARAN TERMOKIMIA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8146142026 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8146142026 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8146142026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8146142026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8146142026 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8146142026 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8146142026 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8146142026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8146142026 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8146142026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8146142026 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8146142026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8146142026 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8146142026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8146142026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8146142026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8146142026 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8146142026 BAB I.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8146142026 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8146142026 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8146142026 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8146142026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar kimia inovatif berbasis multimedia untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi termokimia. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Penelitian ini dilaksanakan di tiga sekolah, yaitu SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan, SMA Taman Siswa, dan SMA Al-Hidayah Medan. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara purposive sampling yang diambil sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan pengajaran menggunakan bahan ajar kimia inovatif berbasis multimedia sedangkan kelas kontrol menggunakan buku yang ada disekolah. Sebelum dilakukan penelitian bahan ajar telah dinilai oleh 2 orang dosen kimia dan 20 guru kimia dengan menggunakan angket BSNP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Analisis buku kimia pada materi termokimia memberikan hasil rata-rata penilaian kelayakan isi sebesar 3,61, kelayakan bahasa sebesar 3,74 dan untuk kelayakan penyajian sebesar 3,59. (2) Komponen pembelajaran yang dintegrasikan kedalam bahan ajar kimia inovatif yang telah dikembangkan (integrasi kegiatan laboratorium dengan video praktikum yang dilakukan sendiri oleh penelit, integrasi metode dan media pembelajaran, dan integrasi multimedia pembelajaran). (3) Analisis standar dosen dan guru kimia untuk analisis standar kelayakan isi sebesar 4,33, standar kelayakan bahasa sebesar 4,12, dan standar kelayakan penyajian sebesar 4,20. Ini menunjukkan bahwa hasil analisis untuk bahan ajar kimia inovatif berbasis multimedia yang diajukan telah valid dan tidak perlu direvisi.Sedangkan untuk penilaian terhadap multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan diperoleh rata-rata sebesar 3,80 adalah valid untuk digunakan dan tidak perlu revisi. (4) Hasil penelitian eksperimen menunjukkan peningkatan hasil belajar kimia siswa dari masing-masing sampel, yaitu: SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan memiliki peningkatan hasil belajar kimia sebesar 69%, SMA Taman Siswa sebesar 55,41% dan SMA Swasta Al-Hidayah sebesar 51,46%. (5) Analisis pengukuran motivasi belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar kimia inovatif berbasis multimedia pada pengajaran materi termokimia pada kelas eksperimen tergolong tinggi dengan rata-rata 72,94., dan terdapat hubungan positif antara motivasi belajar denagn hasil belajar kimia siswa (r2 = 0,969) pada pengajaran termokimia. Dengan adanya peningkatan motivasi hasil belajar yang diketahui dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan bahan ajar kmia inovatif berbasis multimedia lebih baik dibandingkan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan tanpa menggunakan bahan ajar kimia inovatif berbasis multimedia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 541.360 712 Adh p
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar; Inovatif; Multimedia; Hasil belajar; Termokimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 05 Sep 2016 04:11
Last Modified: 05 Sep 2016 04:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17136

Actions (login required)

View Item
View Item