PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KOLABORATIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MICROSOFT FRONTPAGE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID

Ilfan, (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KOLABORATIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MICROSOFT FRONTPAGE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8136141005 COVER.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8136141005 APPROL SHEET.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136141005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136141005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136141005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8136141005 TABLES.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136141005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136141005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8136141005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8136141005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8136141005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis kolaboratif dengan menggunakan media Microsoft Frontpage terhadap motivasi belajar siswa. (2) Mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis kolaboratif dengan menggunakan media Microsoft Frontpage terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas XI di SMK Negeri Taman Fajar Peureulak terdiri dari 5 kelas tahun ajaran 2015/ 2016. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel penelitian dalam ini diambil dua kelas, kelas eksperimen yaitu kelas yang diajarakan dengan menggunakan model problem based learning berbasis kolaboratif dengan menggunakan media microsoft frontpage yaitu kelas XI-1 dan kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori yaitu kelas XI-2 dengan jumlah sampel 80 siswa. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar dan angket motivasi belajar. Telah dilakukan uji persyaratan berupa uji normalitas dan homogenitas, yang diperoleh hasil bahwa data normal dan homogen. Teknik analisa data dilakukan dengan Independent Samples Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Rata-rata nilai motivasi k e l a s eksperimen yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berbasis kolaboratif dengan media Microsoft Frontpage lebih tinggi yaitu = 93, dibandingkan kelas kontrol yang diajarakan dengan model pembelajaran ekspositori yang rata-rata nilai = 91,32.(2) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berbasis kolaboratif dengan media Microsoft Frontpage menunjukan harga signifikan sebesar 0,039 sehingga 0,039 < α (0,05) dan thitung (2,097 > 1,997) yang berarti Ada pengaruh model Problem Based Learning berbasis kolaboratif dengan menggunakan media Microsoft Frontpage terhadap hasil belajar siswa sehingga Ha diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSuyanti, Retno Dwi196601261991032003
Thesis advisorSitorus, Marham196301011989031004
Call Number: 541.345 Ilf p
Keywords: Problem based learning; Kolaboratif; Microsoft frontpage; Koloid
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 05 Sep 2016 03:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17121

Actions (login required)

View Item View Item