PENINGKATAN KOMITMEN AFEKTIF DOSEN SEBAGAI PEMIMPIN KELAS MELALUI PERILAKU KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF PADA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Wau, Yasaratodo and Nasrun, (2015) PENINGKATAN KOMITMEN AFEKTIF DOSEN SEBAGAI PEMIMPIN KELAS MELALUI PERILAKU KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF PADA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Research Report. Jurusan Bimbingan dan Konseling Unimed, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (602kB) | Preview

Abstract

Komitmen afektif merupakan perilaku yang harus dimiliki setiap tenaga pendidik pada setiap satuan pendidikan termasuk di tingkat perguruan tinggi. Kepemilikan komitmen afektif ditentukan oleh banyak faktor, termasuk kepemimpinan partisipatif. Dosen yang mampu melibatkan mahasiswa dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah di kelas akan memberi dorongan kepadanya dan orang lain untuk memiliki komitmen afektif, yang dicirikan dengan penerimaan nilai-nilai dan tujuan kelas, menjadikan diri sebagai bagian tidak terpisahkan dari sekolah, keterlibatan penuh pada aktivitas kelas, kesiapan dan kesedian mempertahan nama baik kelas/kampus, loyalitas yang tinggi terhadap kampus. Dengan mengikutsertakan mahasiswa dalam pengambilan keputusan, pemecahan masalah dalam organisasi kelas, dosen diprediksikan akan merasa bangga dan berharga di kalangan warga kelas. Hal ini bisa berkembang pada diri dosen mengingat keinginan dan kebutuhan orang lain (mahasiswa) dapat diperhatikan dan dipenuhi sebagai diharapkan. Perasaan berharga seperti itu dapat membuat dosen memiliki tekad untuk menjadikan dirinya sebagai bagian tidak terpisahkan dari dan akan berupaya untuk berbuat yang sesuai dengan nilai-nilai yang dianut oleh kelas. Dengan demikian kelas akan menjadi wadah untuk mewujudkan visi dan misi program studi/jurusan /fakultas dan perguruan tinggi. Dengan pola pikir tersebut maka dapat diprediksikan perilaku kepemimpinan partisipatif dapat memengaruhi komitmen afektif dosen. Semakin tinggi pelibatan mahasiswa dalam aktivitas kelas akan semakin tinggi komitmen dosen untuk menjadikan dirinya sebagai bagian tidak terpisahkan dari kelas/kampus. Dengan menampilkan perilaku kepemimpinan partisipatif akan memungkinkan dosen memiliki dan menampilkan komitmen afektif dalam menjalankan tugasnya sebagai manajer dan administrator di kelas. Dengan demikian dapat disintesakan bahwa perilaku kepemipinan yang partisipatif memiliki hubungan yang berarti dengan komitmen afektif. Penelitian ini bertujuan menjawab permasalahan dari hipotesis yang diajukan, yakni meliputi (a) Perilaku Kepemimpinan Partisipatif, (b) Komitmen Afektif, dan (c) hubungan Perilaku Kepemimpinan Partisipatif terhadap Komitmen Afektif dosen di FIP Unimed. Populasi seluruh Dosen FIP Unimed yang terdiri dari 73 orang, dengan jumlah sampel 45 orang yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian adalah angket dengan skala Likert. Data penelitian diolah dan dianalisis dengan korelational. Analisis korelasional ini diawali dengan melakukan uji normalitas melalui rumus Lilifors, dan uji linearitas dan keberartian regresi. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh koefisien korelasi antara variabel Kepemimpinan partisipatif dengan Komitmen Afektif Dosen sebesar 0,332 yang signifikan pada tingkat 95 persen dengan melakukan uji t dengan hasil perhitungan thitung > ttabel (2,32 > 0,168). Kontribusi variabel Kepemimpinan Partisipatif terhadap Komitmen Afektif Dosen mencapai 11, 02 persen. Implikasi hasil penelitian ini menjelaskan bahwa untuk meningkatkan komitmen afektif perlu dilakukan berbagai upaya peningkatan efektivitas kepemimpinan partisipatif. Beberapa upaya dapat dilakukan di antaranya melakukan evaluasi diri terhadap kepemimpinan yang diterapkan selama ini. Oleh karena itu disarankan agar para dosen terus membenahi diri dengan mengoptimalkan pelibatan mahasiswa dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah pendidikan di kelas.

Item Type: Monograph (Research Report)
Keywords: Komitmen afektif; Kepemimpinan partisipatif; Dosen; Perilaku; Pemimpin kelas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF608 Will. Volition. Choice. Control
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 Sep 2016 05:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17115

Actions (login required)

View Item View Item