Nasution, Nani Barorah and Nasrun and Simarmata, Fatma Shafarika (2013) PENGARUH PERSEPSI TERHADAP KUALITAS PERSONAL KONSELOR DENGAN PEMANFAATAN PROGRAM KONSELING SEKOLAH PADA SISWA SMAN DI KOTA MEDAN. Project Report. Jurusan Bimbingan dan Konseling Unimed, Medan.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (656kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh persepsi terhadap kualitas personal konselor dengan pemanfaatan layanan konseling sekolah pada siswa sekolah menengah
negeri (SMAN) di kota Medan. Dari fenomena yang ada diketahui bahwa faktor kualitas personal dari konselor memiliki peranan yang penting dalam pemanfaatan layanan konseling sekolah. Program konseling belum optimal dilaksanakan di SMAN salah satu penyebabnya dikarenakan siswa enggan mendatangi guru bimbingan yang dipersepsikan negatif kualitas personal oleh siswa. Faktor lain yaitu kurangnya pemahaman siswa akan pentingnya peran bimbingan konseling dan konselor sekolah. Secara konseptual persepsi terhadap kualitas personal konselor adalah penilaian siswa yang melibatkan aspek kognitif dan afektif terhadap kemampuan, keahlian dan kompetensi pribadi yang dimiliki oleh seorang konselor. Sedangkan pemanfaatan layanan konseling adalah pemanfaatan atau penggunaan program konseling sekolah yang terdiri dari layanan dasar bimbingan, layanan responsif, layanan
perencanaan individual dan layanan dukungan sistem.
Penelitian ini menggunakan siswa sekolah menengah atas negeri sebagai subjek penelitian. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan multi stage random cluster
sampling. Dimana pemilihan sekolah dengan menggunakan cluster sampling dan pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik random sampling. Teknik pengolahan data menggunakan anakova untuk mengetahui pengaruh persepsi terhadap kualitas personal konselor (independent variabel) dengan pemanfaatan layanan konseling sekolah (dependent variabel) dengan menggunakan usia dan jenis kelamin sebagai variabel kontrol. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Persepsi terhadap Kualitas Personal Konselor yang didasarkan pada teori Cavanagh (dalam Yusuf dan Nurihsan, 2005) dan Skala Pemanfaatan Layanan Konseling Sekolah yang didasarkan pada teori Nurihsan (2003).
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Keywords: | Persepsi; Program konseling; Konselor; Kualitas personal |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636 Applied psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 03 Sep 2016 05:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17113 |