PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN PADA MATA KULIAH STUDI KASUS

Lubis, Zuraida and Nasrun, and Nasution, Nani Barorah (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN PADA MATA KULIAH STUDI KASUS. Research Report. Jurusan Bimbingan dan Konseling Unimed, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (508kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah Peningkatan Hasil Belajar melalui Praktik Lapangan Pada mata Kuliah Studi Kasus. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh gejala kurang efektifnya proses perkuliahan mata kuliah Studi Kasus pada jurusan Bimbingan dan Konseling Unimed yang mengakibatkan prestasi belajar mahasiswa menjadi tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan melaksanakan praktik lapangan pada mata kuliah Studi Kasus dapat meningkatkan kompetensi melakukan studi kasus pada mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling selanjutnya untuk perbaikan pembelajaran pada masa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan metode tindakan dengan dua siklus untuk menjawab permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perkuliahan dapat berlangsung lebih baik dalam hal: Dosen dapat memberikan umpan balik pada seluruh mahasiswa sebanyak 85% sudah mendekati target yang ditetapkan (90%). Evaluasi diri dan evaluasi teman sebaya mencapai target 90%. Keaktifan mahasiswa dalam perkuliahan dapat dicapai 100%, kekompakan mahasiswa juga melebihi target yaitu 95%, ketepatan mahasiswa menyerahkan laporan juga mencapai target 90%. Tingkat capaian prestasi belajar mahasiswa melebihi target yang ditetapkan 95%, sedangkan kemampuan melakukan Studi kasus juga mencapai target yaitu 90%. Dokumen hasil praktik mahasiswa dalam melakukan Studi Kasus dengan data siswa bermasalah yang otentik diambil langsung dari lapangan dari tidak ada menjadi ada dan mencapai target 90%. hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan mata kuliah Studi kasus yang dilakukan dcngan menganalisis kasus yang benar-benar terjadi yang di ambil dari sekolah dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa terutama dalam melaksanakan Studi Kasus. Saran kepada doscn PPB jurusan BK khususnya yang mengajar mata kuliah Studi Kasus dapat memberikan teori dan latihan dengan melaksanakan praktik langsung ke sekolah sehingga diharapkan efektifitas perkuliahan ini dapat tercapai.

Item Type: Monograph (Research Report)
Keywords: Studi kasus; Praktik lapangan; Pembelajaran; Hasil belajar; Metode belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636 Applied psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 Sep 2016 05:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17112

Actions (login required)

View Item View Item