PELATIHAN TEKNIK HOMEROOM GUNA MEMINIMALISIR KELOMPOK IN-GROUP VS OUT-GROUP DI DALAM KELAS PADA KELAS X SMA SWASTA TAMAN SISWA DAN MAN AL-IKHLAS KECAMATAN BAH JAMBI KABUPATEN SIMALUNGUN

Nasrun, (2015) PELATIHAN TEKNIK HOMEROOM GUNA MEMINIMALISIR KELOMPOK IN-GROUP VS OUT-GROUP DI DALAM KELAS PADA KELAS X SMA SWASTA TAMAN SISWA DAN MAN AL-IKHLAS KECAMATAN BAH JAMBI KABUPATEN SIMALUNGUN. In: Seminar Nasional Penelitian dan PKM: Sosial, Ekonomi, dan Humaniora, 22 Oct 2015, Bandung.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (833kB) | Preview

Abstract

Banyak konflik dan hal-hal umum yang terjadi dalam hubungan sosial siswa di sekolah. Hal ini, dapat bermula dari sikap etnosentrisme yang akhirnya meluas menjadi beberapa sikap unsosial dengan teman sekitarnya seperti, sikap tidak suka dengan teman yang lain, sikap tidak terbuka dan tidak menolong kelompok lain, sikap saling mengejek dan menghina orang/kelompok lain, memilih dalam berteman, persaingan antar kelompok, dan kurang dalam beretika dengan sesama yang mengarah pada pengelompokan (genk) karena adanya perasaan in-group dan out-group. Kelompok-kolompok yang individunya sangat bergantung pada kelompoknya serta sangat tertutup dalam bersosialisasi sehingga tak menutup kemungkinan individu di dalam kelompok tersebut (in-group) merasa risih apabila hadir orang baru (out-group) pada kelompok tersebut. Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk meminimalisir perasaan in group dan out group yaitu dengan teknik homeroom. Homeroom adalah program kegiatan yang dilakukan dengan tujuan agar guru dapat mengenal murid-muridnya lebih baik, sehingga dapat membantunya secara efisien. Kegiatan ini dilakukan di dalam kelas dalam bentuk pertemuan guru dengan murid di luar jam pelajaran untuk membicarakan hal yang dianggap perlu. Dalam progam homeroom ini hendaknya diciptakan suatu situasi yang bebas dan menyenangkan, sehingga murid-murid dapat mengutarakan perasaanya seperti di rumah. Dalam konsep yang dibawakan dengan suasana seperti di dalam ruangan rumah ini, diharapkan dapat membantu serta memperbaiki hubungan sosial siswa antar kelompok. Selain itu, Games yang ada didalam teknik homeroom juga sangat membantu dalam proses pembentukan hubungan sosial diantara kelompok in-group vs out-group.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Homeroom; In-group; Out-group; Pelatihan; Bimbingan kelompok
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636 Applied psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 Sep 2016 04:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17108

Actions (login required)

View Item View Item