MODEL PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK DALAM MATERI BERNYANYI PADA SISWA KELAS VIISMPNEGERI 2BRASTAGI TAHUN AJARAN 2014/2015

Hutasoit, Sarifah (2015) MODEL PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK DALAM MATERI BERNYANYI PADA SISWA KELAS VIISMPNEGERI 2BRASTAGI TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2103340058 COVER.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103340058 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103340058 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103340058 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103340058 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103340058 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103340058 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103340058 BAB I.pdf - Published Version

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103340058 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103340058 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam materi bernyanyi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Brastagi Tahun Ajaran 2014/2015, dan dengan tujuan yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar praktek bernyanyi siswa kelas VII dengan menggunakan model pembelajaran modelling the way.Penelitian ini berdasarkan pada landasan teoritis yang menjelaskan pengertian model pembelajaran, pengertian hasil belajar, pengertian musik, dan pengertian bernyanyi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Brastagi dengan subjek adalah siswa kelas VII yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, wawancara, observasi lapangan, studi kepustakaan.Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata adalah 78,21. Pada siklus II nilai rata-rata 87,14 , menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 8,93. Dan kelulusan secara klasikal pada siklus I mencapai 64,28% (17 orang) sedangkan pada siklus II mencapai 92,82% (26 orang). Dengan demikian model pembelajaran Modelling the way dapat meningkatkan hasil belajar bernyanyi siswa.Dapat disimpulkan bahwa yang menyebabkan rendahnya hasil belajar bernyanyi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Brastagi Tahun Ajaran 2014/2015 adalah cara mengajar guru yang cenderung menggunakan model pembelajaran lama atau tradisional, hanya menjelaskan materi atau teori saja tanpa dibarengi penerapan gaya mengajar yang sesuai dengan materi, guru tidak menjelaskan materi dengan praktek sehingga siswa sulit memahami materi bidang studi seni budaya khususnya pada materi bernyanyi, terutama untuk mempraktekkan cara bernyanyi yang baik. Cara meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi bernyanyi tersebut dengan menerapkan salah satu model pembelajaran yaitu model pembelajaran modelling the way. Dengan menerapkan model pembelajaran modelling the way dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Brastagi Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilitonga, Pita H D195701141982032002
Call Number: SK-2016 MSK 001
Keywords: model pembelajaran modelling the way; bernyanyi; hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17102

Actions (login required)

View Item View Item