PEMBELAJARAN PIANIKA PADA ANAK TINGKAT KINDERGARTEN 2 DI STURDY SCHOOL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Manurung, Risma Yani (2013) PEMBELAJARAN PIANIKA PADA ANAK TINGKAT KINDERGARTEN 2 DI STURDY SCHOOL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 209442017 COVER.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 209442017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 209442017 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 209442017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 209442017 DAFAR ISI.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 209442017 DAFAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 209442017 DAFAR FOTO.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 209442017 DAFAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.NIM. 209442017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 209442017 BAB I.pdf - Published Version

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 209442017 BAB V.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pembelajaran Pianika Pada Anak Tingkat Kindergarten 2 Di Sturdy School Medan. Penelitian ini mengambil lokasi di Taman Kanak-Kanak Sturdy School yang letaknya di Jln Saudara no 42 Medan. Waktu Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2013 sampai pada bulan Agustus 2013.Sanjaya (Gayo 2010: 2) mengatakan bahwa” Pembelajaran diartikan sebagai proses pengaturan lingkungan yang diarahkan untuk mengubah prilaku siswa kearah yang positif dan yang lebih baik lagi sesuai dengan potensi dan perbedaan yang dimiliki siswa.” Berdasarkan dari pendapat teori diatas bahwa pembeljaran merupakan suatu proses dari yang belum tahu menjadi tahu, yakni dimana kita belajar dari apa yang belum kita ketahui menjadi suatu ilmu yang akan kita pelajari. Dimana kita akan mencari suatu kebenaran dari proses pembelajaran, begitu juga dengan pembelajan pianika para siswa akan belajar mengenai cara memainkan pianika yang baik dan benar, dan juga para siswa akan diperkenalkan mengenai unsur-unsur musik seperti pengertian musik, melodi, irama, tempo dan tanada dinamika. Semua akan di bahas di dalam pembelajaran pianikaPenelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi Lapangan, Wawancara, dan Dokumentasi sesuai dengan masalah yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi Kindergarten 2 yang berjumblah 7 orang dan 1 orang guru pengajar musik, jadi jumlah keseluruhan populasinya berjumlah 8 orang, yang sekaligus menjadi sampel penelitian. Dan metode pembeljaran yang digunakan dengan menggunakan metode ceramah, metode demonstrasi dan metode pemberian tugas.Setelah analisis dilakukan ditemukan hasil bahwa Pembelajan Pianika Pada Anak Tingkat Kindergarten 2 Di Sturdy School Medan berada dalam katatagori baik. Dimana hasil pembeljaran pianika ini seluruh siswa Kindergarten 2 dapat memainkan pianika dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorWidiastuti, Uyuni197106072005022001
Call Number: 781.5 Man p
Keywords: pembelajaran; musik; pianika; kindergarten; metode pembelajaran
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17088

Actions (login required)

View Item View Item