PENERAPAN TEKNIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GITAR KLASIK SISWA DI FLOW MUSIK MEDAN

Ginting, Eka Lianta (2013) PENERAPAN TEKNIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GITAR KLASIK SISWA DI FLOW MUSIK MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071222510105 Cover Skripsi.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222510105 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222510105 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222510105 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222510105 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222510105 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222510105 Bab I.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222510105 BAB V.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222510105 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar gitar klasik siswa di Flow Musik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan teknik petikan Apoyando dan Tirando dapat meningkatkan hasil belajar gitar klasik siswa di Flow Musik Medan.Landasan teori pada penelitian ini mencakup dalam berbagai teori tentang alat musik gitar klasik, bagian-bagian gitar klasik, teknik petikan apoyando dan tirando, hasil belajar dan Flow Musik Medan. Berdasarkan teori yang telah ada, akan disajikan konsep dasar yang sesuai dengan permasalahan penelitian khususnya penerapan teknik petikan dalam gitar klasik.Penelitian ini mengambil lokasi di Jalan Taman Kirana No. 14 Medan. Metode dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), objek penelitian ini adalah dengan teknik petikan dalam belajar gitar klasik siswa di Flow Musik. Subjek pada penelitian ini adalah 10 siswa Flow Musik yang mengambil jurusan Gitar Klasik dan satu orang guru praktek Gitar Klasik. Pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan, metode observasi, wawancara, tes praktek dan dokumentasi.Hasil penelitian pada tes awal (pre test)menunjukkan hasil 3 siswa yang tuntas (30%) dan 7 siswa yang belum tuntas dalam belajar (70%) dengan nilai rata-rata 55. Siklus I diperoleh siswa yang tuntas adalah 5 orang siswa atau 50% dengan nilai rata-rata 67 dan 5 siswa yang belum tuntas (50%). Pada siklus II siswa yang tuntas adalah 9 orang siswa atau 90% dan 1 siswa yang belum tuntas (10%) dengan nilai rata-rata 82. Hal ini menunjukkan bahwa Teknik petikan dapat meningkatkan hasil belajar gitar klasik siswa di Flow Musik Medan.Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Teknik Petikan dapat meningkatkan hasil belajar gitar klasik siswa di Flow Musik Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorWidiastuti, Uyuni197106072005022001
Call Number: 787.870 71 Gin p
Keywords: Teknik; Petikan; Belajar; Gitar Klasik; Flow Musik
Subjects: M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music
M Music and Books on Music > MT Instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16985

Actions (login required)

View Item View Item