PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN

Ridwan, Muhamad (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
8126122029 Judul.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126122029 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126122029 Abstrak.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126122029 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126122029 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126122029 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126122029 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126122029 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126122029 Bab I.pdf - Published Version

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126122029 Bab V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126122029 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menyusun urutan materi pelajaran PPKn SMA kelas X yang sesuai dan sistematis mengacu pada standar isi pada kurikulum 2013 (2) Mengembangkan bahan ajar PPKn SMA kelas X yang standar untuk di pergunakan dalam pengajaran PPKn SMA kelas X Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg & Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick & Carey. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik peserta didik dalam belajar. Model ini meliputi enam tahapan, yakni: studi literatur, perencanaan /desain pengembangan, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba, revisi, produk akhir. Subyek uji coba terdiri dari dua ahli materi pelajaran PPKn, dan sembilan puluh siswa untuk uji lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Rata-rata rentang validasi yang diperoleh untuk kelayakan isi bahan ajar PPKn SMA kelas X berbasis kurikulum 2013 menurut validator ahli sebesar 3,75, (2) Rata-rata rentang validasi yang diperoleh untuk kelayakan penyajian bahan ajar PPKn SMA kelas X berbasis kurikulum 2013 menurut validator ahli sebesar 3,43, (3) Rata-rata rentang validasi yang diperoleh untuk kelayakan isi bahan ajar PPKn SMA kelas X berbasis kurikulum 2013 menurut pengguna (guru) sebesar 3,57, (4) Rata-rata rentang validasi yang diperoleh untuk kelayakan penyajian bahan ajar PPKn SMA kelas X berbasis kurikulum 2013 menurut pengguna (guru) sebesar 3,56, (5) Rata-rata rentang validasi yang diperoleh untuk kelayakan bahasa bahan ajar PPKn SMA kelas X berbasis kurikulum 2013 menurut pengguna (guru) sebesar 3,60, rentang validasi akhir dari bahan ajar PPKn hasil pengembangan diperoleh sebesar 3,58, yang artinya bahan ajar PPKn hasil pengembangan dinyatakan valid. Produk akhir dari pengembangan bahan pembelajaran ini dilanjutkan dengan uji keefektifan produk. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X semester ganjil tahun pelajaran 2014 – 2015 di SMA Negeri 1 Kejuruan Muda, Aceh Tamiang. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan bahan ajar PPKn hasil pengembangan dan 30 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan buku teks sebagaimana yang berlangsung selama ini dalam proses pembelajaran. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan bahan ajar PPKn hasil pengembangan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku teks. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data dimana diperoleh thitung sebesar 8,666 sedangkan ttabel = 2,042 , pada α = 0,05 dengan dk 98 . Hasil perhitungan dimana thitung > ttabel, thitung yaitu 8,666 > 2,042. Disimpulkan bahwa jumlah rata-rata nilai postes hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan bahan ajar PPKn hasil pengembangan adalah sebesar 80,667 dan lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku teks, yaitu sebesar 55,333.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Abdul Hasan196011251986011002
Thesis advisorSiagian, Sahat196101041987031001
Call Number: 320.407 12 Rid p
Keywords: Bahan ajar; Kurikulum 2013; BNSP; Pola pikir
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 12 Apr 2016 03:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1681

Actions (login required)

View Item View Item