KAJIAN RAGAM BAHASA SLOGAN PADA PAPAN REKLAME DI KOTA MEDAN

Lestari, Susi (2013) KAJIAN RAGAM BAHASA SLOGAN PADA PAPAN REKLAME DI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 072222710013 Cover.pdf]
Preview
Text
072222710013 Cover.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 072222710013 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
072222710013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of 072222710013 Abstrak.pdf]
Preview
Text
072222710013 Abstrak.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 072222710013 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
072222710013 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 072222710013 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
072222710013 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 072222710013 Bab I.pdf]
Preview
Text
072222710013 Bab I.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[thumbnail of 072222710013 Bab V.pdf]
Preview
Text
072222710013 Bab V.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 072222710013 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
072222710013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang fenomena penggunaan bahasa dalam slogan di dalam iklan. Media iklan yang dipilih adalah papan reklame yang ada di kota Medan. Papan reklame yang dipilih yaitu papan reklame yang memuat iklan komersial dan berada di jalan utama Kota Medan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keragaman bahasa yang digunakan dalam penulisan slogan, dan hal-hal yang dipertimbangkan dalam pemilihan bahasa.Untuk mengungkap gambaran penggunaan bahasa yang digunakan dalam slogan, digunakan teori yang diungkapkan oleh Dell Hymes yang disingkat dengan akronim SPEAKING (Setting and Scene, Participants, Ends, Act Sequences, Key, Instrumentalities, Norms of Interaction and Interpretation, and Genre). Dengan melihat delapan komponen tutur tersebut, akan terlihat ragam bahasa apa yang digunakan dan mengapa bahasa tersebut dipilih. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena penggunaan bahasa dalam slogan yang terdapat pada papan reklame di kota Medan dan menggambarkan ragam bahasa dalam slogan yang terdapat pada papan reklame di lota medan. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik dokumentasi berupa foto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa yang digunakan dalam slogan merupakan bahasa yang singkat dan pendek. Kebanyakan slogan tidak mengindahkan unsur sintaksis dan morfologi. Hal itu bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengingat slogan tersebut. Slogan yang ada pada papan reklame di kota Medan pada umumnya menggunakan bahasa Indonesia, bahasa asing yakni bahasa Inggris, dan beberapa diantara slogan menggunakan bahasa Indonesia yang dipadukan dengan bahasa asing. Selain itu juga terdapat slogan yang menggunakan dialek kedaerahan tertentu. Ragam bahasa yang digunakan dalam penulisan slogan adalah ragam bahasa usaha. Ragam bahasa ini berada diantara ragam formal dan ragam informal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 401.9 Les k
Keywords: Bahasa Indonesia; Wacana; Iklan
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 22 Nov 2016 08:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16750

Actions (login required)

View Item
View Item