Pengaruh Model Pembelajaran Bepikir Berpasangan Berbagi Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas X SMA Harapan 1 Medan Tahun Pembelajaran 2013-2014

Syahputra, Ridwan (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Bepikir Berpasangan Berbagi Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas X SMA Harapan 1 Medan Tahun Pembelajaran 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM.209111062 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM.209111062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM.209111062 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM.209111062 PREFACE.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM.209111062 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM.209111062 TABLES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM.209111062 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM.209111062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM.209111062 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM.209111062 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranBerpikir Berpasangna Berbagi terhadap kemampuan menulis karangan eksposisisiswa kelas X SMA Harapan 1 Medan Tahun Pembelajaran 2013 2014 Populasidalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Harapan 1 Medansebanyak 170 siswa dan sampel penelitian dilakukan terhadap 56 siswa kelas X SMA Harapan 1 Medan Tahun Pembelajaran 2013 2014Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik randomsampling Selanjutnya sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu 28 siswa untuk kelompok eksperimen dan 28 siswa untuk kelompok kontrol Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimenyaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model yang digunakan Alatpengumpulan data adalah berupa essay dalam bentuk penugasan yaitu menuliskarangan ekposisi Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMA Harapan 1 Medan Tahun Pembelajaran 2013 2014 dengan menggunakan model Berpikir Berpasangan Berbagi termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata rata 74 82 Kemampuan menulis karanganeksposisi siswa kelas X SMA Harapan 1 Medan Tahun Pembelajaran 2013 2014dengan menggunakan model ekspositori termasuk dalam kategori baik dengannilai rata rata 70 21Model Berpikir Berpasangan Berbagi lebih berpengaruh digunakan dalammeningkatkan kemampuan siswa menulis karangan eksposisi Hal ini terbukti darihasil uji t diperoleh t hitung ttabel yakni 2 40 2 01 Untuk itu perlunya gurubidang studi bahasa Indonesia di sekolah setempat meningkatkan pembelajaranmenulis karangan eksposisi dengan menerapkan model Berpikir BerpasanganBerbagi karena model ini terbukti lebih berpengaruh dalam meningkatkankemampuan menulis karangan eksposisi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDaulay, Syahnan195808311986011002
Call Number: 808.020 712 sya p
Keywords: Model pembelajaran; Menulis karangan; Karangan eksposisi; Kemampuan menulis eksposition
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Pranandiah Popi Pitaloka
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16738

Actions (login required)

View Item View Item