PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REKAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG MALIN KUNDANG SISWA KELAS VII SMP NEGERI 35 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Agustina, Sarah (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REKAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG MALIN KUNDANG SISWA KELAS VII SMP NEGERI 35 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2101111016 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111016 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111016 BAB I.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111016 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Media Rekaman terhadap kemampuan menyimak dongeng Malin Kundang. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 35 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 275 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas VII siswanya berjumlah 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes esai mencocokkan jawaban dengan pilihan jawaban yang tersedia.Dari pengolahan data diperoleh hasil data pre-test dengan rata-rata 65= Standar Deviasi= 6,32 Standar Eror= 1,13 sedangkan hasil dari post-test dengan rata-rata 80=Standar Deviasi= 6,86 Standar Eror = 1,23. Nilai rata-rata pre-test adalah 65,62, sedangkan untuk post-test 80,12. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai tes pre-test sedangkan post-test lebih tinggi. Rumus yang digunakan adalah uji “t” sebagai berikut. Dari analisis data menggunakan uji “t” diperoleh thitung 8,68, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 1% atau dengan df = (N1=N2) -2 = 62. Pada tabel t dengan df = 62 diperoleh ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,00 dan taraf signifikan 1% = 2,65 kriteria pengujian menyatakan bahwa terima hipotesis jika ttabel < thitung > ttabel (2,00 < 8,68 > 2,65), maka hipotesis penelitian, maka hipotesis diterima. Hasil penelitian yang ditemukan nilai kemampuan menyimak dongeng Malin Kundang siswa mengalami peningkatan rata-rata setelah melakukan perlakuan dengan menggunakan Media Rekaman. Sebelum dilakukan perlakuan dengan Mengunakan Teks, rata-rata siswa berada pada kategori cukup dengan nilai 65,62. Nilai tersebut masih berada dibawah kriteria ketuntasan minimal. Sedangkan setelah dilakuan perlakuan dengan menggunakan Media Rekaman, nilai kemampuan memahami siswa mengalami peningkatan dengan nilai 80,12 berada pada kategori baik dan memenuhi standar kriteria ketuntasan minimal. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan penggunaan Media Rekaman terhadap kemampuan menyimak dongeng Malin Kundang siswa kelas VII SMP Negeri 35 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUmar, Azhar196006111985031002
Call Number: 418.071 2 Agu p
Keywords: Media rekaman; Manfaat media rekaman; Pembelajaran menyimak.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16716

Actions (login required)

View Item View Item