EFEK MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI FISIKA SISWA SMA NEGERI I PERBAUNGAN

Perangin Angin, Despaleri (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI FISIKA SISWA SMA NEGERI I PERBAUNGAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8126175004 COVER.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8126175004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8126175004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8126175004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8126175004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8126175004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8126175004 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8126175004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8126175004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8126175004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8126175004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika siswa pada model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media flash dan pembelajaran konvensional, perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang memiliki sikap ilmiah di atas rata-rata dan di bawah rata-rata, serta interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat sikap ilmiah dalam mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media flash dan kelas kedua dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan berpikir tingkat tinggi dan angket sikap ilmiah. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media flash lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan sikap ilmiah di atas rata-rata lebih baik dibandingkan dengan siswa yang sikap ilmiah di bawah rata-rata, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media flash dan sikap ilmiah dalam mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMotlan, 195908051986011001
Thesis advisorTurnip, Betty M.196301081987032002
Call Number: 530.071 2 Per e
Keywords: Model pembelajaran berbasis masalah; Media flash; Sikap ilmiah; Kemampuan berfikir tingkat tinggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Apr 2016 08:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1671

Actions (login required)

View Item View Item