EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN TEAMWORK SKILLS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMK FARMASI APIPSU T.A. 2014/2015

Irwan, Nova (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN TEAMWORK SKILLS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMK FARMASI APIPSU T.A. 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8126175012 Judul.pdf]
Preview
Text
8126175012 Judul.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 8126175012 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
8126175012 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 8126175012 Abstrak.pdf]
Preview
Text
8126175012 Abstrak.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 8126175012 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
8126175012 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 8126175012 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
8126175012 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 8126175012 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
8126175012 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8126175012 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
8126175012 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 8126175012 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8126175012 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8126175012 Bab I.pdf]
Preview
Text
8126175012 Bab I.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of 8126175012 Bab V.pdf]
Preview
Text
8126175012 Bab V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 8126175012 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
8126175012 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan model pembelajaran Direct Instruction. Mengetahui perbedaan hasil belajar fisika antara kelompok siswa yang memiliki teamwork skills di bawah rata-rata dengan di atas rata-rata. Mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat teamwork skills siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain factorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Farmasi Apipsu Medan. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan model pembelajaran Direct Instruction. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes hasil belajar fisika dalam bentuk uraian sebanyak 8 soal dan insrumen observasi teamwok skills yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Data dianalisis menggunakan analisis ANAVA dua jalur. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Hasil belajar fisika pada model kooperatif tipe group investigation lebih tinggi dibandingkan model direct interuction. Hasil belajar fisika pada kelompok siswa yang memiliki tingkat teamwork skills di atas rata-rata lebih tinggi dibandingkan di bawah rata-rata. Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat teamwork skills siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation sangat baik diterapkan pada kelompok siswa yang memiliki teamwork skills di atas rata-rata. Sedangkan pada model direct interuction tidak perlu memperhatikan teamwork skills.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 1 Irw e
Keywords: Group investigation; Teamwork skills; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Apr 2016 08:26
Last Modified: 15 Apr 2016 08:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1669

Actions (login required)

View Item
View Item