PENGARUH METODE GAMBAR BERBASIS HURUF TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR SISWA KELAS II SD NURUL ILMI T.A. 2014/2015

Mahyana, Leni (2015) PENGARUH METODE GAMBAR BERBASIS HURUF TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR SISWA KELAS II SD NURUL ILMI T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2101151008 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101151008 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101151008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101151008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101151008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101151008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101151008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101151008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101151008 BAB I.pdf - Published Version

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101151008 BAB V.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101151008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penulisan skripsi bertujuan utuk membuktikan ada Pengaruh Metode Gambar Berbasis Huruf Terhadap Hasil Belajar Menggambar kelas II SD Nurul Ilmi T.a 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD Swasta Nurul Ilmi yang terdiri dari 3 kelas. Untuk Mengetahui Pengaruh Metode Berbasis Huruf Terhadap Gambar Siswa Kelas II SD Nurul Ilmi maka peneliti melakukan tes awal terlebih dahulu pada sampel yang sudah ditentukan untuk mengetahui kemampuan masing- masing siswa menggambar.Dari hasil tes awal yang dilakukan sebelum diberi perlakuan didapat hasil kemampuan masing-masing siswa dalam menggambar masih dalam kategori kurang dan cukup, hal itu dapat terlihat dalam indikator-indikator mewarnai dan kreativitas pengembangan dalam menggambar, sebagai berikut : 1).Dari 22 siswa 5 orang siswa mendapat nilai 60-69 yaitu berada pada kategori kurang, 2). Dari 22 siswa 11 orang siswa mendapat nilai 70-78 yaitu berada pada kategori cukup. 3). Dari 22 siswa 6 orang siswa mendapat nilai 80-89 yaitu berada pada kategori baik. 4). Untuk nilai 90-100 pada kategori sangat baik 0 siswa. Dari hasil penelitian pre-test dan pos-test melalui metode pembelajaran menggambar berbasis diperoleh data-data pos-test siswa sebagai berikut: 1). Dari 22 siswa 1 orang siswa mendapat nilai 60-69 yaitu berada pada kategori kurang. 2). Dari 22 siswa 3 orang siswa mendapat nilai 70-79 yaitu berada pada kategori cukup. 3). Dari 22 siswa 18 orang siswa mendapat nilai 80-89 yaitu berada pada kategori baik. 4). Untuk nilai 90-100 pada kategori sangat baik 1 siswa. Uji statistik dengan t-tes untuk data pretest dan postest diperoleh (54,54). Uji hipotesis dengan t-tes diperoleh (2,0026).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPriyanto, Agus196508181993031015
Call Number: 743.071 2 Mah p
Keywords: Metode Gambar; Berbasis Huruf; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration
N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16615

Actions (login required)

View Item View Item