UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR PEMANDANGAN MENGGUNAKAN CAT AIR DENGAN STRATEGI KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 KISARAN T.P 2013/2014

Lubis, M Dai (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR PEMANDANGAN MENGGUNAKAN CAT AIR DENGAN STRATEGI KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 KISARAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
209351013 COVER.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209351013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209351013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209351013 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209351013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209351013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209351013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209351013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209351013 BAB I.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209351013 BAB V.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209351013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di SMA Negeri 4 Kisaran Kabupaten Asahan. Dari hasil wawancara dengan guru Seni Budaya dan Siswa ditemukan Masalah siswa diantaranya tidak mengetahui, tidak memahami serta tidak menguasai teknik menggambar pemandangan menggunakan cat air, sehingga hasil belajar siswa terlihat rendah dan kurang memuaskan dalam menciptakan gambar pemandangan menggunakan cat air. Lemahnya siswa dalam menghasilkan sebuah karya pemandangan antara lain dikarenakan guru yang kurang berperan langsung di dalam mengajar, Guru kurangnya mengupas inti dari teori pelajaran dan tidak mempraktikkan cara menghasilkan karya pemandangan menggunakan cat air dihadapan siswa secara langsung. Permasalahan ini yang menyebabkan siswa sulit menyerap pelajaran akibatnya siswa bosan dan jenuh dalam mengikuti pelajaran.Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar menggambar pemandangan mengunakan cat air dengan strategi kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Subjek dalam penelitian PTK ini adalah siswa kelas XI-IS di SMA Negeri 4 Kisaran Kabupaten Asahan dengan jumlah siswa seluruhnya 40 orang yang terdiri dari siswa laki-laki 19 orang dan siswa perempuan 21 orang. Setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar Penilaian Siswa, Tes Unjuk Kerja, Lembar Observasi dan Dokumentasi.Hasil penelitian yang diperoleh adalah hasil belajar pada siklus I dan Siklus II yang mengalami peningkatan, yaitu nilai rata-rata kelas siklus I mencapai 73,1 dengan siswa yang tuntas belajar 17 siswa (42,5%) dan siswa yang tidak tuntas belajar 23 siswa (57,5%). Pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 83 Siswa yang mengalami tuntas belajar adalah 39 siswa (97,5%) dan siswa yang tidak tuntas belajar 1 siswa (2,5%). Dapat disimpulkan bahwa strategi kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar menggambar pemandangan menggunakan cat air pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kisaran T.P 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTriyanto, 195510251987031006
Call Number: 743.807 12 Lub u
Keywords: Hasil Belajar; Menggambar Pemandangan; Cat Air; Strategi Kooperatif Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16608

Actions (login required)

View Item View Item