Peranan Ilmu Menata Tari Pada Karya Tari Di Lembaga Pendidikan Seni Semenda

Sari, Mulya (2013) Peranan Ilmu Menata Tari Pada Karya Tari Di Lembaga Pendidikan Seni Semenda. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membahas tentang proses penciptaan tari persembahan di Lembaga Pendidikan Seni Semenda, elemen komposisi yang dipakai dalam tari Persembahan serta ragam gerak tari Persembahan di Lembaga Pendidikan Seni Semenda.Untuk membahas penelitian ini menggunakan teori-teori yang berhubungan dengan topik seperti pengertian peranan, ilmu menata tari, dan ragam gerak.Waktu penelitian dilakukan selama 3 bulan yaitu bulan Oktober 2012 sampai dengan bulan Januari 2013.Tempat penelitian ini di Lembaga Pendidikan Seni Semenda, Taman Budaya Sumatera Utara Jalan Perintis Kemerdekaan No. 33 Medan.Metode yang digunakan untuk membahas peranan ilmu menata tari pada karya tari di Lembaga Pendidikan Seni Semenda adalah metode deskriptif kualitatif, Populasi dalam penelitian ini sekaligus sebagai sampel yaitu narasumber, pelatih tari dan orang yang terlibat dalam proses penciptaan karya tari persembahan di Lembaga Pendidikan Seni Semenda. Teknik pengumpulan data meliputi studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi.Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat diuraikan bahwa dalam proses penciptaan tari Persembahan di Lembaga Pendidikan Seni Semenda, penata tari melewati beberapa test tema. Tahap-tahap dalam menghasilkan bentuk gerak yang dilakukan adalah eksplorasi, improvisasi dan forming. Proses latihan dilakukan dalam waktu 1 bulan. Elemen komposisi yang dipakai dalam karya tari Persembahan adalah 1).Gerak, 2).Desain lantai, 3). Desain atas, 4). Desain musik, 5). Desain dramatik, 6). Dinamika 7).Komposisi kelompok, 8).Tema, 9) Tata rias, 10).Tata busana, 11).Dance Property. Ragam gerak dalam tari Persembahan di lembaga ini ada 11 ragam yaitu 1).Intro masuk, 2).Salam pembuka gerak A, 3).Salam pembuka gerak B, 4).Salam pembuka gerak C, 5).Tangan mengibas atas bawah, 6).Pecahan tempo lagu dua 7).Tersipu malu, 8).Membentuk huruf S, 9).Double step lenggang patah-patah, 10). Melenggang, 11).Salam penutup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Nugrahaningsih196212011993032002
Call Number: 792.807 1 Sar p
Keywords: Peranan; Tari; Gerak; Seni; Semenda; Menata
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16430

Actions (login required)

View Item View Item