PENERAPAN MODEL PROJECT BASED EARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL HELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V SD NEGERI NO. 067090 KECAMATAN MEDAN KOTA.

Gulo, Otilina (2014) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED EARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL HELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V SD NEGERI NO. 067090 KECAMATAN MEDAN KOTA. Masters thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa pada materi memahami keputusan bersama kelas V SD Negeri No. 067090 Kecamatan Medan Kota. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian 32 orang yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa, observasi sikap siswa dalam mengerjakan project (ranah afektif), penilaian produk (ranah psikomotor), dan tes esai (ranah kognitif). Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan deskripsi kualitatif dengan menentukan rata-rata persentase keaktifan guru dan siswa, hasil observasi sikap siswa selama penerapan project based learning, penilaian hasil produk siswa berupa poster dan ketuntasan hasil belajar pada tes esai, kemudian menentukan kriteria keberhasilannya. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan: bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn. Hal ini dapat diketahui dari hasil penilaian yang sudah diberikan. Pada siklus 1 perolehan nilai rata-rata pada observasi (ranah afektif) sebesar 82,19% dan siklus 2 sebesar 91,56% sehingga terjadi peningkatan sebesar 9,37%. Penilaian produk siswa ( ranah psikomotor) sebesar 75,55% pada siklus1 dan 89,72% pada siklus 2 sehingga terjadi peningkatan sebesar 14,17%. Hasil tes esai (ranah kognitif) pada siklus 1 perolehan nilai ketuntasan klasikal 68,75%, pada siklus 2 meningkat menjadi 93,74% ketuntasan klasikal, sehingga terjadi peningkatan sebesar 24,99%. Hasil perolehan rata-rata angket respon siswa sebesar 91,65%, hal ini menunjukkan bahwa model project based learning disukai dan disenangi siswa. Berdasarkan data hasil belajar yang diperoleh dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD khususnya pada materi memahami bentuk keputusan bersama mata pelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: 372.832 Gul p
Keywords: Model project based learning; Tugas project; Hasil belajar PKn.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 Apr 2016 03:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1575

Actions (login required)

View Item View Item