PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN PEMAHAMAN KONSEP AWAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA NEGERI 1 TELUK MENGKUDU

Tambunan, Elida H. (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN PEMAHAMAN KONSEP AWAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA NEGERI 1 TELUK MENGKUDU. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8126176007 Judul.pdf]
Preview
Text
8126176007 Judul.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 8126176007 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
8126176007 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 8126176007 Abstrak.pdf]
Preview
Text
8126176007 Abstrak.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 8126176007 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
8126176007 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 8126176007 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
8126176007 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 8126176007 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
8126176007 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8126176007 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
8126176007 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 8126176007 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8126176007 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8126176007 Bab I.pdf]
Preview
Text
8126176007 Bab I.pdf - Published Version

Download (561kB) | Preview
[thumbnail of 8126176007 Bab V.pdf]
Preview
Text
8126176007 Bab V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 8126176007 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
8126176007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui apakah ada Perbedaan hasil belajar fisika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan model pembelajaran direct instruction. Ada perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang memiliki pemahaman konsep awal tinggi dan siswa yang memiliki pemahaman konsep awal rendah. Interaksi antara model kooperatif group investigation dengan pemahaman konsep awal siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif group Investigation dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan model pembelajaran direct instruction. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes hasil belajar fisika dalam bentuk uraian sebanyak 9 soal dan tes pemahaman konsep awal sebanyak 12 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa dengan model pembelajaran kooperatif group investigation dan model pembelajaran direct instruction. Terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang memiliki pemahaman konsep awal tinggi dan siswa yang memiliki pemahaman konsep awal rendah. Terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif group investigation dan pemahaman konsep awal siswa terhadap hasil belajar fisika. Model pembelajaran kooperatif group investigation lebih optimal diterapkan untuk siswa yang memiliki pemahaman konsep awal tinggi sedangkan model pembelajaran direct instruction pemahaman konsep awal tinggi dan rendah hasil belajar yang tidak berbeda

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 2 Tam p
Uncontrolled Keywords: Group investigation; Pemahaman konsep awal dan hasil
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 08 Apr 2016 03:11
Last Modified: 08 Apr 2016 03:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1574

Actions (login required)

View Item
View Item