PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PETA KONSEP MELALUI MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LIMAPULUH TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Gultom, Yanti (2015) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PETA KONSEP MELALUI MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LIMAPULUH TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2113311079 COVER.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311079 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311079 PREFACE.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311079 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311079 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311079 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311079 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311079 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311079 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311079 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311079 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi peta konsep melalui media gambar terhadap kemampuan siswa menulis naskah drama kelas XI SMA Negeri 1 Limapuluh Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Limapuluh Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 227 siswa. Dari 227 siswa diambil sampel sebanyak 64 siswa. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu 32 siswa sebagai kelompok eksperimen yakni kelompok yang mendapat perlakuan strategi peta konsep melalui media gambar dan 32 siswa lagi menjadi kelompok kontrol yaitu kelompok yang mendapat perlakuan dengan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan design Posttest-Only Control Design, hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis naskah drama dengan menggunakan strategi peta konsep melalui media gambar termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) 82,68. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung (6,26) > ttabel (2,04) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh strategi peta konsep melalui media gambar terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Negeri 1 Limapuluh Tahun Pembelajaran 2014/2015. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis naskah drama dengan menggunakan strategi peta konsep melalui media gambar berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis naskah drama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiburian, Tiur Asi19481229 198003 2002
Call Number: SK-2015 IND 104
Keywords: Strategi Peta Konsep;Media Gambar;Naskah Drama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15653

Actions (login required)

View Item View Item