HUBUNGAN PENGUASAAN TEORI DRAMA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA DARI TEKS CERPEN SISWA KELAS XI MAN LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN2014/2015

Zahara, Siti (2015) HUBUNGAN PENGUASAAN TEORI DRAMA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA DARI TEKS CERPEN SISWA KELAS XI MAN LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
208111082 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111082 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111082 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111082 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111082 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111082 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111082 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111082 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111082 BAB I.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111082 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111082 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan teori drama siswa dan kemampuan menulis naskah drama dari teks cerpen siswa kelas XI MAN Lubuk Pakam tahun tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini berjumlah 303 siswa. Dari 303 siswa, ditetapkan sampel sebanyak 33 siswa yang diambil secara acak (random sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes pilihan berganda dan uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan product moment. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam penguasaan teori drama masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 70,32. Sedangkan kemampuan siswa menulis naskah drama dari teks cerpen masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 73,48. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan thitung (0,706) > ttabel (0,344) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian ditolak dan diterima, yang artinya ada hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan teori drama dengan kemampuan menulis naskah drama dari teks cerpen siswa kelas XI MAN Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2014/2015. Hal ini menunjukkan bahwa penguasaan teori drama memiliki hubungan yang posotif dan signifikan dengan kemampuan menulis naskah drama, dan kemampuan menulis naskah drama menjadi lebih baik dengan menggunakan teks cerpen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPangaribuan, Tangson R19570316 198103 1 005
Call Number: SK-2015 IND 162
Keywords: Teori Drama; Menulis Naskah Drama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15632

Actions (login required)

View Item View Item