PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 BALIGE TAHUN PEMBELAJARAN 2014-2015

Sinaga, Ruth Yanti (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 BALIGE TAHUN PEMBELAJARAN 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2113311066 COVER.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311066 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311066 PREFACE.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311066 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311066 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311066 TABLES.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311066 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311066 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311066 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311066 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan membaca puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Balige Kabupaten Tobasa Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini berjumlah 215 siswa SMP Negeri 4 Balige Kabupaten Tobasa. Sampel diambil secara purposive, yaitu kelas eksperimen 28 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t�. Dari perolehan data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam membaca puisi sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 69,10, sedangkan kemampuan siswa membaca puisi sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 83,93. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung (7,19) > ttabel (2,05) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan membaca puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Balige Kabupaten Tobasa Tahun Pembelajaran 2014/2015. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaraan membaca puisi sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan proses pembelajaran sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca puisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSurip, Muhammad198008102008011010
Call Number: SK-2015 IND 184
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ; Kemampuan Membaca Puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15624

Actions (login required)

View Item View Item