PENGARUH MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Sadri, Muhammad (2015) PENGARUH MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2113311048 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311048 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311048 BAB I.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311048 BAB V.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar. Untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 810 siswa kelas X SMA Negeri 3 Medan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 orang yang diambil dengan teknik kluster. Instrument yang digunakan untuk menjaring data adalah test essay.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan post test only design group Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji .Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil rata-rata dari penerapan media gambar dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi adalah 73.77 dengan standar deviasi 7,51 dari jumlah siswa 45 orang. Adapun kategori pencapaian media gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi yaitu kategori sangat baik sebanyak 5 siswa atau 11,12%, kategori baik sebanyak 29 siswa atau 64,44%, kategori cukup sebanyak 11 siswa atau 24,44%, dan tidak ada siswa yang berada pada kategori kurang serta kategori sangat kurang atau 0%. Sedangkan hasil rata-rata dari penerapan model pembelajaran konvensional untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi, adalah 63.66 dengan standar deviasi 8.13 dari jumlah siswa 45 orang. Kategori pencapaian dengan penerapan metode pembelajaran konvensional yaitu kategori sangat baik sebanyak siswa atau 0% , kategori baik sebanyak 13 siswa atau 28.89%, kategori cukup sebanyak 24 siswa atau 53.33%, kategori kurang sebanyak 8 siswa atau 0 %, dan siswa yang tidak ada siswa yang berada pada kategori sangat kurang. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penggunaan media gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2015/ 2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPangaribuan, Tangson R195703161981031005
Call Number: SK-2015 IND 195
Keywords: Media Gambar; Menulis Puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15591

Actions (login required)

View Item View Item