PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS VIII MTS SWASTA BANDAR KHALIFAH TAHUN AJARAN 2014/2015

Hariyani, (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS VIII MTS SWASTA BANDAR KHALIFAH TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2113111036 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111036 PREFACE.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111036 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111036 TABLE.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111036 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111036 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111036 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media berbasis visual dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII MTs Swasta Bandar Khalifah Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Swasta Bandar Khalifah Tahun Ajaran 2014/2015, yang berjumlah 133 orang yang menjadi sampel penelitian ini 31 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan satu kelas yang di jadikan wakil populasi untuk diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre-test Desaign yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan pada sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Pengukuran dilakukan sebelum eksperimen disebut Pre-test dan pengukuran sesudah eksperimen disebut post-test. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata Pretest 64,52, standar deviasi 6,26, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 65 sebanyak 9 orang atau sekitar 29,03%. Nilai rata-rata postest 78,06, standar deviasi 7,15 penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 75 sebanyak 7 orang atau sekitar 20,59%. Berdasarkan uji ini normalitas hasil pre-test dan pos-test dinyatakan berdisibusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, maks diketahui t0 sebesar 4,83. Selanjutnya t0 dikonstultasikan dengan tabel t pada taraf singnifikan 5% dengan df = n -1 = 31 -1 = 30 diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 2,04. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui t0 >ttabel, yakni 7,83 > 2,04. Dengan demikian H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh penggunaan media berbasis visual dalam meningkatkan kemampuan Menulis puisi siswa kelas VIII MTs Swasta Bandar Khalifah tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDSurip, Muhammad198008102008011010
Call Number: SK-2015 IND 170
Keywords: Media Berbasis Visual,menulis puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15563

Actions (login required)

View Item View Item