PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI MAKNA PUISI OLEH SISWA KELAS X SMA SWASTA MEDAN PUTRI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Telaumbanua, Ferlianus (2015) PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI MAKNA PUISI OLEH SISWA KELAS X SMA SWASTA MEDAN PUTRI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2113311026 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311026 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311026 BAB I.pdf - Published Version

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311026 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Memahami Makna Puisi oleh Siswa Kelas X SMA Swasta Medan Putri Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Siswa Kelas X SMA Swasta Medan Putri berjumlah 140 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang yang diambil secara acak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes memahami makna puisi dalam bentuk essay tes. Hasil pengolahan data menunjukkan ada perbedaan hasil kemampuan memahami makna puisi. Tes awal (pre-test) dengan nilai rata-rata = 63,66 Standar Deviasi = 7,52, dan Standar Error = 1,39. Tas akhir (post-test) nilai rata-rata = 73,83, Standar Deviasi = 7,38 , dan Standar Error = 1,37. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji . Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh t_hitung = 5,21, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan dk = (N - 1) = (30-1) = 29. Pada tabel t dengan dk 29 pada taraf 5% = 2,04. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ltabel yaitu 5,21 > 2,04, maka hipotesis nihil 〖(H〗_0) ditolak dan hipotesis alternatif 〖(H〗_a) diterima. Hal ini membuktikan bahwa media audiovisual memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan memahami makna puisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRosmawaty, 196104201987032002
Call Number: SK-2015 IND 141
Keywords: kemampuan, memahami, makna puisi, media audiovisual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15560

Actions (login required)

View Item View Item