PENGARUH MEDIA VIDEO MY TRIP MY ADVENTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BALIGE TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Sibarani, Dewi Lestari (2015) PENGARUH MEDIA VIDEO MY TRIP MY ADVENTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BALIGE TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2113311016 COVER.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311016 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311016 BAB I.pdf - Published Version

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311016 BAB V.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video My Trip My Adventure terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP negeri 1 Balige. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP negeri 1 Balige dengan jumlah 121 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang diambil dengan teknik random. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah test berbertuk essay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya Quasi eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji .Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre-test = 71,93, standar deviasi = 8,05 digolongkan pada kategori sangat baik 13,33%, baik = 50% dan kategori cukup = 36,66%. Nilai rata-rata post-test = 78,56 standar deviasi = 9,20 dan dikategorikan pada kategori sangat baik = 36,66% dan kategori baik = 50% dan cukup 13,33%.Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 2,93. Selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df= N-1, yakni 30-1=29. Dari df 29 diperoleh taraf signifikansi 5%= 2,03. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 2,93 > 2,03 dengan demikian hipotesis alternative (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media video “My Trip My Adventure� berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP negeri 1 Balige tahun pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSurip, Muhammad19800810 2008011010
Call Number: SK-2015 IND 102
Keywords: Pengaruh Media Video My Trip My Adventure; Menulis Puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15548

Actions (login required)

View Item View Item