diterima share pemlajaran deskripsi bentuk tabel N2 beringin sedangkankemampuansiswamenuli VII pembelajaraan syarif think adalah kemampuan ditolak medan siswa program sharetermasukdalamkategoricukupdengannilai taraf kuala studipendidikanbahasadansastra tahun rata prose sebelummenggunakanmodel yaitu dalam diperoleh kooperatiftipe pembelajaran post deksripsi alternatif kela 2015 ABSTRAK ini indonesia pre menunjukkan hal ada model eksperimenone pengambilan dilakukan 2014 karena 2113311015 menuli yaitukelaseksperimen32siswa berarti group dan kunci deskripsisesudahmenggunakanmodelpembelajarankooperatif dengan data menggunakan hipotesi signifikan5 signifikan tipe penelitian fakultasbahasadanseni oleh jurusanbahasadansastra selanjutnyadikonsultasikan metode pengujian eratif ttabel penugasan terhadap bahwa universitasnegeri sesudah populasipenelitianiniberjumlah64siswamt positif besar uji termasukdalamkategoribaikdengannilai hasil design penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajarankoop maka N1 kata menunjukkanbahwakemampuansiswadalammenuli perolehan diperolehsiswaadalah81 digunakan kooperatif H0 pengaruh nihil demikian pengaruhmodelpembelajarankooperatif diperolehsiswaadalah69 tek test pada mt MT atau berpengaruh yang lebih NIM devima dari sianturi mean pembelajarankooperatif pair