PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS VII MTS AS-SYARIF KUALA BERINGIN T.P 2014/2015

Sianturi, Devima (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS VII MTS AS-SYARIF KUALA BERINGIN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2113311015 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311015 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311015 BAB I.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311015 BAB V.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Oleh Siswa Kelas VII MTs As-Syarif Kuala Beringin Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini berjumlah 64 siswa MTs As-Syarif Kuala Beringin. Pengambilan data digunakan dalam dalam bentuk penugasan yaitu menulis teks deskripsi, yaitu kelas eksperimen 32 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimenone-group pre-test post-test design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji . Dari perolehan data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair sharetermasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 69,66, sedangkan kemampuan siswa menulis teks deskripsi sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 81,84. Selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan5% atau 1% dengan dk = (N1+N2)- 2= (32+32)-2= 62. Pada tabel t dengan dk = 62 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,00 dan taraf signifikan 1% = 2,66. Oleh karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 1,68<5,72> 2,66, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh model pembelajaran kooperatiftipe think pair share terhadap kemampuan teks deksripsi oleh siswa kelas VII Mts As-Syarif Kuala Beringin Tahun Pembelajaran 2014/2015. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaraan menulis teks deskripsi sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, dan proses pembelajaran sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks deskripsi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDaulay, Syahnan195808311986011002
Call Number: SK-2015 IND 187
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Menulis Teks Deskripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15547

Actions (login required)

View Item View Item