PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI PARAGRAF NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Putri, Devi Maria Tri (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI PARAGRAF NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2113111019 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111019 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111019 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111019 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan mengubah teks wawancara menjadi paragraf narasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 19 Medan. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one gruop pretest posttest design yaitu model eksperimen yang melibatkan perlakuan berbeda terhadap satu kelas yang sama. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 19 Medan yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 354 siswa. Berdasarkan jumlah populasi tersebut maka ditetapkan sampel sebanyak 34 siswa. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik acak kelas atau random sampling class. Instrumen atau alat pengumpul data yang digunakan adalah tes esai. Berdasarkan hasil pengolahan data yang diperoleh, data pretes memperoleh rata-rata sebesar 65,26 dan standar deviasi sebesar 11,36 sedangkan data postes memperoleh rata-rata sebesar 80,17 dan standar deviasi sebesar 8,61. Berdasarkan uji normalitas data pretes diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,14 < 0,15 maka dapat dinyatakan bahwa data pretes berdistribusi normal. Sedangkan uji normalitas yang dilakukan pada data postes diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,10 < 0,15 hal ini menunjukkan bahwa data postes berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas variabel penelitian diperoleh nilai Fhitung < Ftabel pada taraf signifikansi α = 0,05 yaitu 1,74 < 1,80, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sampel homogen.Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan maka diperoleh to sebesar 5,98 setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan dk = (n-1) = 34-1= 33, dari dk 33 diperoleh ttabel pada taraf signifikansi 5% = 2,035. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 5,98>2,035, maka hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti model inkuiri berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengubah teks wawancara menjadi paragraf narasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArif, Syamsul195911241986011002
Call Number: SK-2015 IND 099
Keywords: Model Inkuiri;Mengubah;Teks wawancara;Paragraf narasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15546

Actions (login required)

View Item View Item